12 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Kacang Panjang

Manfaat Kacang Panjang

Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan – Kacang Panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak sekali aneka macam kuliner yang menggunakan kacang panjang sebagai bahan dasar dalam pembuatannya, karena kacang panjang termasuk jenis sayuran yang mudah kita temukan dan bahkan di perkampungan banyak warga yang menaman jenis sayuran yang satu ini.

Tanaman kacang panjang dapat tumbuh dengan subur diatas tanah yang mengandung humus subur yang berada di daerah dengan ketinggian 1.000 mdpl. Tanaman kacang panjang sangat mudah dalam penanamannya, tanpa dilakukan perawatan khusus pun tanaman ini bisa tumbuh subur. Selain itu, ternyata kacang panjang ini tidak hanya enak tetapi juga mengandung gizi yang cukup tinggi sama seperti jenis kacang-kacangan lainnya seperti buncis, kacang tanah, kacang merah dan kacang kedelai.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Di Dalam Kacang Panjang

Kacang-kacangan merupakan makanan sehat yang memiliki sumber gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, tidak terkecuali dengan kacang panjang. Di dalam kacang tanah mengandung vitamin A, B1, B2, C dan vitamin K yang cukup tinggi. Selain itu, kacang panjang juga masih memiliki kandungan nutrisi dan gizi lain yang sangat baik untuk tubuh seperti serat, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, mangan, embaga, asal folat, pektin, riboflavin dan masih banyak lagi kandungan nutrisi serta kandungan gizi penting lainnya yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kacang panjang.

Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap membuat kacang panjang ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara rutin. Penasaran, apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Baik Untuk Penderita Penyakit Diabetes

Perlu anda semua ketahui bahwa ternyata hampir semua sayuran yang termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan, di dalam sayuran jenis kacang-kacangan termasuk kacang panjang memiliki kadar gula dan kalori yang sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh anda yang memiliki masalah dengan kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk penderita diabetes, sebaiknya konsumsi kacang panjang dengan cara dibuat jus tanpa campuran bahan pemanis dan minum secara rutin setiap pagi. Konsumsi setiap hari sampai kondisi gula darah anda stabil.

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Di dalam kacang panjang juga mengandung gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung, sehingga dengan mengkonsumsi kacang panjang dapat membantu meminimalisir resiko terkena penyakit jantung. Kandungan vitamin K dan juga nutrisi lain yang ada dalam kacang panjang mampu mencegah proses pengerasan dan penyempitan pada pembuluh darah, kondisi tersebut termasuk penyebab utama dari munculnya penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Menurut dari hasil penelitian, jika tubuh rutin mendapatkan asupan vitami K yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat membantu mencegah proses pengapuran di dalam pembuluh darah arteri, sehingga dapat mencegah munculnya penyakit kardiovaskular.

  1. Sumber Antioksidan

Antioksidan sendiri merupakan zat atau senyawa yang memiliki fungsi sangat penting dalam tubuh, karena zat inilah yang mampu mencegah dan sekaligus melawan serangan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan antioksidan, zat antioksidan ini dihasilkan dari kombinasi antara vitamin C dan betakaroten.

Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli mejelaskan bahwa, senyawa antioksidan ini dapat mencegah munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya di dalam tubuh seperti kanker.

  1. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Berkat kandungan kalsium, fosfor dan vitamin K yang terdapat pada kacang panjang, maka dengan rutin mengkonsumsi kacang panjang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis. Dengan mengkonsumsi 100 gram kacang panjang setiap hari dapat membantu memenuhi 20% dari total vitamin K harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat kacang panjang lainnya yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan dan sekaligus mencegah gangguan pada pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit dan bahkan dipercaya mampu mencegah kanker usus besar.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi kacang panjang dapat membuat mata menjadi lebih sehat dan meningkatkan daya penglihatan, sehingga jenis sayuran ini sangat baik dijadikan sebagai menu masakan sehari-hari agar sekeluarga memiliki mata yang sehat. Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin A yang terdapat pada kacang panjang ini dapat membantu memenuhi asupan vitamin A harian tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Gigi

Gigi yang kurang terjaga kesehatannya akan membuat gigi cepat rapuh dan rusak, namun dengan rutin mengkonsumsi kacang panjang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan sekaligus meningkatkan kekuatan gigi, sehingga dapat mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan gigi seperti gigi patah dan berlubang.

  1. Mengobati Anemia

Tubuh manusia sangatlah membutuhkan asupan zat besi dalam jumlah cukup setiap harinya, fungsinya yaitu untuk membantu meningkatkan produki sel darah merah dalam tubuh. Maka dari itu, kacang panjang ini sangat baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menderita penyakit anemia akibat tubuh mengalami kekurangan sel darah merah.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Berkat kandungan vitamin B kompleks yang terkandung di dalam kacang panjang ini, maka sayuran ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh yang berfungsi sebagai antibodi. Dengan rutin mengkonsumsi kacang panjang baik dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sebagai masakan, maka tubuh tidak anda mudah sakit atau terserang penyakit.

  1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Selain dapat meningkatkan sistem imun, kandungan vitamin B kompleks yang terdapat pada kacang panjang juga ternyata sangat baik untuk menjaga berat badan tetap stabil dan ideal. Maka jika anda tidak ingin mengalami kegemukan atau tubuh yang terlalu kurus, maka disarankan untuk rutin mengkonsumsi kacang panjang secara rutin.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk anda yang saat ini sedang mengalami penurunan nafsu makan dan anda malas untuk minum vitamin penambah nafsu makan, sebagai gantinya anda bisa minum jus kacang panjang secara rutin setiap pagi sebelum sarapan. Selain dijadikan jus, anda juga bisa jadikan kacang panjang ini sebagai lalapan dengan dikonsumsi secara langsung atau direbus.

  1. Sebagai Anti Inflamasi

Kacang panjang juga ternyata memiliki kandungan zat yang bersifat anti inflamasi, sehingga mengkonsumsi kacang panjang ini dapat membantu mencegah terjadinya peradangan.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaatnya?

Itulah tadi beberapa manfaat kacang panjang yang bisa kami bahas pada artikel kesehatan kali ini, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua. Setelah anda mengetahui manfaatnya, maka mulai sekarang jangan pernah ragu lagu untuk mengkonumsi kacang panjag untuk menadpatkan khasiatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
12 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: