12 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Kangkung

Manfaat Kangkung

Sehat-natural.com – Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang suka makan kangkung, karena selain rasanya yang enak dan gurih, ternyata kangkung ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Kangkung biasanya sering dimasak dengan cara di tumis pedas, sehingga mengkonsumsi kangkung ini akan terasa lebih nikmat dan menggugah selera makan.

Kandungan Gizi Di Dalam Kangkung

Dibalik rasanya yang enak dan gurih, ternyata sayuran hijau yang satu ini sangat kaya akan kandungan gizi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, bahkan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan, di dalam setiap 100 gram kangkung mengandung karbohidrat sebanyak 3,14 gram, protein sebanyak 2,6 gram, energi sebanyak 79 kJ/19 kkal, lemak sebanyak 0,2 gram dan serat sebanyak 2,1 gram.

Di dalam kangkung juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti Vitamin A sebanyak 315 ug, Vitamin B1 sebanyak 0,03 mg, Vitamin B2 sebanyak 0,1 mg, Vitamin B3 sebanyak 0,9 mg, Vitamin B5 sebanyak 0,141 mg, Vitamin B6 sebanyak 0,096 mg, B9 sebanyak 57 ug dan Vitamin C sebanyak 55 mg.

Selain itu, kangkung juga menyimpan sejumlah mineral penting yang sangat dibutuhkan olen tubuh meski jumlahnya terbilang kecil seperti Kalsium sebanyak 77 mg, Magnesium sebanyak 71 mg, Fosfor sebanyak 39 mg, Zat Besi sebanyak 1,67 mg, Kalium sebanyak 312 mg, Mangan sebanyak 0,16 mg, Sodium sebanyak 113 mg, dan Zinc sebanyak 0,18 mg.

Semua kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam kangkung dapat diserap oleh tubuh dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari kangkung, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mencegah Dan Mengatasi Anemia

Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan mineral penting seperti zat besi yang berfungsi sebagai zat penambah darah, karena jika tubuh tidak mendapatkan asupan zat besi dalam jumlah cukup setiap harinya dapat menyebabkan penyakit anemia dengan gejala seperti sering pusing dan lelah. Untuk mencukupi kebutuhan asupan zat besi dalam tubuh, maka salah satu caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi sayuran hijau seperti kangkung ini.

  1. Ampuh Atasi Gangguan Tidur Atau Insomnia

Terkadang kita suka mengalami masa sulit untuk bisa tidur dengan nyenyak, jika tubuh sering mengalami kurang tidur dapat mengakiatkan tubuh terasa lemas, kurang bersemangat, sulit untuk berkonsentrasi dan bahkan terserang penyakit anemia. Maka untuk mengatasi kondisi tersebut, anda bisa mengkonsumsi kangkung secara rutin setiap hari, karena denga mengkonsumsi kangkung dapat memberikan sensasi ketenangan pada saraf-saraf tubuh yang tegang.

  1. Mengoptimalkan Pembentukan Tulang Janin

Mengkonsumsi kangkung tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang-orang dalam kondisi normal, tetapi juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang tengah hamil. Kandungan nutrisinya yang lengkap ternyata dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin dalam kandungan, dimanan kandungan nutrisi yang didapatkan dari kangkung akan dialirkan dari tubuh ibu hamil kepada janin.

  1. Melancarkan Pencernaan

Apabila tubuh kurang mendapatkan asupan serat dalam jumlah cukup, maka seseorang bisa mengalami masalah kesehatan pada pencernaannya seperti sembelit dan susah buang air besar. Kondisi seperti ini memang sering terjadi dan di alami oleh ibu hamil, jika pencernaan sedang terganggu tentu dapat menghambat proses metabolisme tubuh. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi kangkung dapat membantu melancarkan pencernaan berkat kandungan seratnya yang cukup tinggi yang sangat efektif untuk melancarkan pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Jika anda atau anak anda ingin memiliki mata yang sehat da terhindar dari resiko kerusakan mata akibat faktor lingkungan ataupun kebiasaan, maka disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin A atau betakaroten dalam jumlah cukup setiap hari. Sumber vitamin A tidak hanya bisa didapatkan dari wortel saja, tetapi kangkung juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi dan sangat baik untuk menjaga mata tetap sehat. Dengan rutin mengkonsumsi kangkung secara rutin, maka anda dan keluarga akan terhindar dari resiko kerusakan mata dan mata rabun.

  1. Mendetoksifikasi Zat Racun Dalam Tubuh

Tubuh sering kali terkena paparan polusi dan kontaminasi terhadap zat-zat berbahaya dalam makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari, sehingga tubuh harus dilakukan detoksifikasi untuk mengeluarkan zat-zat racun berbahaya yang dapat berdampak burung bagi kesehatan jika dibiarkan mengendap dalam tubuh terlalu lama. Salah satu cara alami untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi kangkung, karena kandungan serat yang tinggi mampu mengikat lemak jahat, kolesterol jahat dan asam empedu berlebih dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi kangkung, maka racun dalam tubuh akan ikut dikeluarkan bersama dengan peses.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Di dalam kangkung memiliki kandungan kalori dalam jumlah yang sangat kecil, namun kangkung terkenal dengan kandungan serat makanannya yang sangat tinggi sehingga sangat cocok dimasukan ke dalam menu makanan bagi anda yang sedang menjalani program diet. Kandungan serat dalam kangkung dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama, asalkan dimasak dengan cara direbus. Jika ditumis dengan menggunakan minyak, maka kandungan kalorinya akan meningkat dan menjadikan berat badan sulit untuk diturunkan.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi anda yang sedang menderita penyakit diabetes, maka sebaikhya anda rutin mengkonsumsi kangkung, karena kangkung memiliki kandungan gula yang sangat rendah dan kaya akan kandungan serat serta nutrisi penting lainnya yang efektif untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, ekstrak kangkung juga dipercaya mampu menghambat proses penyerapan kadar gula darah, sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan tetap stabil.

  1. Meningkatkan Kerja Otak

Kangkung juga mengandung omega 3 dan vitamin B kompleks yang efektif untuk membantu meningkatkan kerja otak dan meningkatkan perkembangan otak bagi anak-anak. Maka, jika anda ingin anak anda tumbuh dengan sehat dan cerdas, rutin berikan menu makanan berbaha sayuran hijau seperti kangkung.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam kangkung juga mengandung vitamin dan mineral yang lengkap dan baik untuk membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kerja organ jantung tetap optimal.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi akan berdampak pada terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Jika kondisi seperti ini dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan secara signifikan dan berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, maka disarankan agar rutin mengkonsumsi kangkung dan sayuran hijau lainnya. Dengan dijadikan menu makanan sehari-hari.

  1. Mengatasi Penyakit Kuning

Ketika seseorang menderita penyakit kuning, maka itu menandakan jika kesehatan dan fungsi organ hatinya sedang terganggu. Penyakit ini akan ditandai dengan kulit, mata dan juga lidah berwarna kuning dan di sertai dengan tubuh terasa sangat lemas. Untuk mengatasinya, sebaiknya perbanyak konsumsi kangkung karena sayuran hijau ini dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan mengeluarkan zat limbah dalam tubuh.

Itulah 12 manfaat kangkung yang penting untuk anda ketahui terutama bagi anda yang vegetarian, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Loading...
12 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: