42 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Kentang

Manfaat Kentang

Sehat-natural.com – Kentang termasuk salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, sehingga kentang ini sering dijadikan sebagai makanan pengganti nasi bagi mereka yang sedang menjalani program diet sehat untuk menurunkan berat badan. Selain mengandung karbohidrat, ternyata di dalam kentang juga memiliki sumber energi yang sangat baik untuk menjaga stamina tubuh tetap prima dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Kentang sangat mudah kita jumpai, karena sayuran ini sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain dijadikan bahan masakan seperti sayur, sambal dan aneka olahan masalah lain, kentang juga sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat cemilan seperti keripik kentang dan jenis cemilan lainnya.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi didalam Kentang

Ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang bisa kita temukan dalam kentang, di dalam setiap 100 gram kentang mengandung :

  1. Vitamin A, sebanyak 0µg
  2. Vitamin C, sebanyak 13mg
  3. Vitamin D, sebanyak 0µg
  4. Vitamin E, sebanyak 2,1 mg
  5. Vitamin K, sebanyak 13,2µg 2%
  6. Vitamin B1 (Thiamine) , sebanyak 0,11 mg
  7. Vitamin B2 (Riboflavin) , sebanyak 0,02 mg
  8. Vitamin B3 (Niacin) , sebanyak 1,44 mg
  9. Vitamin B5 (Panthothenic acid) , sebanyak 0,52mg
  10. Vitamin B6 (Pyridoxine) , sebanyak 0,3mg
  11. Vitamin B9 (Folat) , sebanyak 10µg
  12. Vitamin B12, sebanyak 0µg
  13. Kalori sebanyak 87 kkal
  14. Karbohidrat, sebanyak 20,1 gram
  15. Air, sebanyak 77%
  16. Protein, sebanyak 1,9 gram
  17. Gula, sebanyak 0,9 gram
  18. Serat, sebanyak 1,8 gram
  19. Lemak, sebanyak 0,1 gram
  20. Cholin, sebanyak 13,5 mg
  21. Kalsium, sebanyak 5 mg
  22. Zat Besi, sebanyak 0,31 mg
  23. Magnesium, sebanyak 22 mg
  24. Fosfor, sebanyak 44 mg
  25. Potassium, sebanyak (Kalium) 379 mg
  26. Sodium, sebanyak 4 mg
  27. Seng (Zinc) , sebanyak 0,3 mg
  28. Tembaga (Copper) , sebanyak 0,19 mg
  29. Manganese, sebanyak 0,14 mg
  30. Selenium, sebanyak 0,3µg

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat kentang yang bisa ada dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya, dinataranya yaitu :

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tahukah anda, ternyata kentang bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi, sehingga sayuran ini bisa dijadikan sebagai makanan utama karena di nilai mengandung karbohidrat yang hampir setara dengan nasi. Tetapi dilihat dari kandungan nutrisi dan gizi lainnya, kentang menganung potasium lebih banyak dan cukup untuk memenuhi jumlah potasium yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka setelah dilakukan penelitian, kentang diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Kentang juga mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama vitamin B6. Vitamin B6 sendiri ternyata sangat baik untuk mencegah perkembangan kanker dan tumor dalam tubuh, salah satunya yaitu kanker prostat. Selain itu, mengkonsumsi kentang dalam jumlah cukup juga dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko penyebaran sel kanker lebih cepat ke seluruh tubuh.

  1. Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Penyebab penyakit batu ginjal umumnya disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan asupan serat. Sebenarnya kentang juga memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang dapat menjadi salah satu pemicu penyakit batu ginjal, namun untungnya kentang memiliki kandungan magnesium yang dapat menolak kalsium tersebut yang masuk ke dalam jaringan ginjal. Untuk mengobati penyakit batu ginjal, disarankan untuk mengkonsumsi kentang rebus dalam jumlah cukup.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, magnesium dan fosfor yang terkandung di dalam kentang ternyata memiliki pengaruh sangat besar terhadap kesehatan tulang. Ketiga kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan tulang, terutama bagi para manula yang sedang mengalami penurunan kerja pada organ dan tubuh mereka.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Mengkonsumsi kentang juga tidak hanya baik untuk penderita kolesterol tinggi saja, ternyata juga sangat baik dikonsumsi oleh para pasien penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan, di dalam kentang mengandung kalium yang dipercaya sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan sekaligus mengendalikan tekanan darah tersebut agar tidak mudah naik.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kentang yang dipercaya dapat mencegah hipertensi, ternyata kandungan kalium dan serat juga ikut berpengaruh dalam menurunkan resiko kemungkinan adanya serangan penyakit jantung. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang justru dapat menjaga kesehatan jantung, sehingga kesehatan organ jantung akan selalu terjaga dan bekerja dengan optimal.

  1. Menjaga Kesehatan Saraf

Kentang juga ternyata memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan saraf, karena di dalam kentang mengandung banyak nutrisi dan gizi yang sangat penting seperti vitamin B6 dan jugta potassium yang mampu menjaga kesehatan saraf. Dengan terjaganya fungsi saraf, maka tubuh akan tetap bekerja sesuai jalurnya dan terhindar dari resiko gangguan saraf.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Sehubungan dengan manfaat kentang yang dapat memperkuat kesehatan dan sistem saraf, maka kentang juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak dan menjaganya agar tetap sehat serta berfungsi dengan optimal. Maka dengan mengkonsumsi kentang sangat dipercaya mampu meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi dan daya berpikir.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Orang tua dulu sering memberi makan balita dengan kentang rebus, karena tekstur kentang rebus sangat lembut dan mudah dicerna oleh bayi. Selain itu, ternyata di dalam kentang juga mengandung kalsium dan kalium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mempercepat proses pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

  1. Mengatasi Peradangan

Peradangan sering kali terjadi ketika kita sering minum atau makanan yang dianggap memiliki efek panas pada tubuh, sehingga peradangan pun bisa terjadi dan menyebabkan tubuh mengalami panas dalam. Untuk mengatasinya, sebaiknya rutin mengkonsumsi kentang rebus, kandungan vitamin dan zat besi yang ada dalam kentang mampu mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

  1. Melancarkan Pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami gangguan pada pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan gangguan pencernaan lainnya. Maka solusi terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan rutin mengkonsumsi kentang, karena selain dapat memberikan sensasi dingin juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh, terutana untuk ibu hamil. Selain itu, mengkonsumsi kentang rebus secara rutin untuk menggantkan nasi efektif untuk menurunkan berat badan berlebih, karena dengan mengkonsumsi kentang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Sumber Energi Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kentang ini bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi, karena kentang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi seperti nasi. Namun proses pembakaran dalam tubuh akan lebih baik jika rutin mengkonsumsi kentang dibandingkan dengan nasi, karena kandungan karbohidrat dalam kentang juga lebih baik dari nasi. Dengan demikian, tubuh pun akan memiliki sumber energi yang baik dan tidak akan menyebabkan tubuh cepat lelah dan lemas dalam menjalankan rutinitas pekerjaan sehari-hari, terutama bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Itulah 12 manfaat kentang untuk kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya, semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca sekalian.

Selamat mencoba dan sampai jummpa.

Loading...
42 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: