9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit – Kunyit atau disebut juga dengan istilah curcuma domestica termasuk kedalam jenis tanaman herbal yang masih satu family dengan zingiberaceae. Tanaman rimpang yang satu ini dapat tumbu dengan baik pada iklim tropis maupun subtropis. Kunyit biasanya di jadikan sebagai bumbu pelengkap untuk menambah aroma pada makanan agar semakin sedap.

Di Indonesia sendiri  kunyit diolah menjadi berbagai macam minuman tradisional seperti jamu. Di negara Asia sendiri kunyit di jadikan sebagai bumbu pelengkap dalam pembuatan kari, sedangkan di India kunyit sering dicampurkan pada susu sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Khasiat kuyit memang tidak perlu diragukan lagi, karena sudah di lakukan lebih dari 7000 penelitian untuk membuktikan manfaat kunyit bagi kesehatan maupun pengobatan.

Lalu, apa sajakah manfaat kunyit ?

Perlu di ketahui kandungan senyawa curcumin yang ada pada kunyit merupakan zat senyawa aktif yang memiliki khasiat lebih efektif dibandingkan kandungan senyawa lainnya. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kunit atau kunyit bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut :

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Dapat Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia yang menempati peringkat no 3. kanker dapat terjadi karena di akibatkan karena adanya perubahan gen didalam tubuh.

Kanker tidak datang dengan begitu saja, melainkan karena beberapa faktor seperti gaya atau pola hidup tidak sehat, adanya infeksi virus atau bakeri serta pengaruh buruk radikal bebas. Senyawa radikal bebas seperti Hidrogen Peroksida bisa menjadi faktor pemicu kerusakan gen yang ada di dalam tubuh sehingga dapat menumbuhkan sel kanker.

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan pada kunyit di percaya mampu mencegah masuknya radikal bebas sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa kandungan senyawa curcumin dalam kunyit mampu membasmi sel kanker serta meningkatkan ke efektifan obat-obatan konvensional yang mendukung dalam pengobatan kanker.

  1. Dapat Mengatasi Peradangan

Peradangan atau inflamasi  merupakan suatu proses yang terjadi karena adanya reaksi infeksi atau gangguan pada sel didalam tubuh. penyebab  besar terjadinya peradangan atau infeksi di dalam tubuh yaitu karena adanya infeksi bakteri serta radikal bebas yang menjadi pencetus pelepasan senyawa sitokin.

Sebuah penelitian di kemukakan oleh Journal of Oncogene, kandungan curcumin yang ada didalam kunyit terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sel imun serta dapat memperlambat produksi sitokin dan prostaglandin sehingga peradangan dapat dicegah.

  1. Dapat Merdakan Penyakit Maag

Maag Merupakan suatu penyakit yang terjadi pada saluran sistem cerna atau lebih dikenal dengan tukak / radang lambung. Faktor pemicu terjadinya maag memang beragam seperti pola makan yang tidak teratur, terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas dan adanya infeksi bakteri yang melukai dinding lambung. Khasiat curcumin yang ada pada kunyit dapat merangsang produksi sekresi mukus (lendir perlindung dinding lambung).

Selain dari itu, khasiat kunyit  juga bekerja untuk menghambat produksi asam lambung yang dapat menyebabkan rasa perih bagi penderita penyakit maag. Konsumsi kunyit secara rutin dalam jumlah yang tepat dapat membantu proses penyembuhan luka pada dinding lambung sekaligus mampu meningkatkan nafsu makan.

  1. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak atau lipid yang ada di dalam tubuh manusia dan terbagi menjadi dua jenis, yaitu jenis kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Apabila kadar kolesterol jahat atau LDL lebih mendominasi maka hal ini dapat mempengaruhi kesehatan.

Senyawa curcumin pada kunyit terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus mampu meningkatkan kadar kolesterol baik didalam tubuh.

  1. Dapat Menghilangkan Jerawat dan Mencegah Tanda Penuan Dini

Salah satu masalah kulit yang palisng sering di alami oleh semua orang adalah jerawat. Jerawat adalah suatu peradangan atau benjolan yang dapat tumbuh pada bagian kulit terutama kulit wajah. Penyebab tumbuhnya jerawat adalah adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang bernama P.Acne dan adanya penyumbatan pada pori-pori yang diakibatkan sel kulit mati.

Sifat anti bakteri pada kunyit mampu meredakan infeksi  sekaligus mampu menghilangkan noda bekas jerawat. Kandungan antioksidan pada kunyit juga mampu memperlambat tanda penuan dini yang diakibatkan karena pengaruh buruk radikal bebas.

  1. Dapat Menghambat dan Mengurangi Arthritis

Arthiritis merupakan jenis radang yang dapat terjadi pada bagian persendian. Gejala penyakit arthritis dapat menimbulkan rasa sakit pada persendia yang sangat dan teramat sakit. Kandungan minyak essensial dan curcuminoid terbukti mampu mengurangi dan menghambat gejala arhritis pada persendian.

Dalam sebuah penelitian mengemukakan kandungan zat aktif pada kunyit dapat bekerja secara maksimal, jika kunyit tersebut di konsumsi sebelum rasa sakit muncul. Dengan begitu, maka sangat dianjurkan bagi penderita arthritis untuk mengkonsumsi kunyit tanpa harus menunggu rasa sakit tersebut muncul.

  1. Dapat Mencegah Diabetes

Diabetes bukanlah suatu penyakit menular melainkan penyakit yang dapat di turunkan, apabila salah satu keluarga terdahulu memiliki riwayat penyakit diabetes. Apa itu diabetes? Diabetes merupakan jenis penyakit yang mengganggu sistem metabolisme dan patut untuk diwaspadai.

Penyakit ini dapat terjadi karena lemahnya fungsi hormon insulin serta pola hidp yang tidak sehat. Hormon insulin pada penderita diabetes tidak dapat bekerja dengan maksimal untuk mengatur kadar gula di dalam darah, hal ini karena tubuh hilang tingkat sensitivitasnya.

Dalam sebuah penelitiaan mengungkapkan konsumsi kunyit secara teratur mampu menurunkan kadar gula didalam darah sekaligus menjaga agar tetap dalam keadaan stabil. Selain itu, kunyit juga dapat mencegah penyakit diabetes.

  1. Dapat Membantu Program Diet (Menurunkan Berat Badan)

Sejak dahulu kala kunyit memang sudah di gunakan dalam campuran pembuatan jamu tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dan mampu mempertahankan berat badan ideal.

Dalam sebuah penelitian yang di lakukan pada seekor tikus yang di beri makanan dan mendapatkan ekstra kunyit terbukti tidak mengalami kenaikan berat badan maupun terjadi penambahan lemak pada perut, jika dibandingkan dengan tikus yang di beri makan yang sama namun tidak mendapakan ekstra kunyit.

Sangat dianjurkan bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk mengkonsumsi kunyit atau ekstra kunyit, karena hal ini dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan sekaligus mengurangi timbunan lemak. Tentun saja, cara tersebut harus di imbangi dengan pola makan sehat serta olahraga yang teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Otak merupakan salah satu organ terpenting yang memiliki peran sangat penting dalam mengendalikan seluruh aktifitas tubuh, kemampuan berpikir serta daya ingat (memori). Zat aktif yang ada pada kunyit dapat meningkatkan aliran nutrisi serta suplai oksigen ke seluruh tubuh dan otak agar dapat bekerja secara optimal. Jika otak dapat bekerja dengan baik, maka dapat menghasilkan hormon melatonin dan serotonin yang berfungsi dalam membantu meningkatkan daya ingat sekaligus mampu mengatasi gangguan mental.

Demikianah, info mengenai Manfaat Kunyit yang dapat admin berikan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Loading...
9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error: