12 Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Paprika

Manfaat Paprika

Sehat-natural.com – Tumbuhan Paprika atau dalam bahasa latin disebut (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masih termasik ke dalam keluarga terong-terongan (Solanaceae). Pada bagian buahnya, buah paprika sendiri terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya seperti paprika merah, hijau, kuning dan ungu. Buah paprika biasanya sering dijadikan sebagai campuran salad, buahnya memiliki rasa manis sedikit ada rasa pedasnya.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Paprika

Menurut dari hasil penelitian, di dalam paprika mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Bagian dari buah paprika sendiri sebagian besar terdiri dari kandungan air yang mencapai 92%, sedangkan sisanya terdiri dari kandungan karbohidrat, protein dan lemak.

Pada setiap 100 gram paprika mengandung Kalori sebanyak 31 kal, protein sebanyak 1 gram, karbohidrat sebanyak 6 gram, gula sebanyak 4,2 gram, serat sebanyak 2,1 gram, lemak sebanyak 0,3 gram, omega 3 sebanyak 0,03 gram dan omega 6 sebanyak 0,05 gram. Di lihat dari sejumlah kandungan nutrisi yang ada di dalamya, ada banyak sekali kandungan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi paprika secara rutin untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat paprika yang penting untuk diketahui bagi kita semua, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Di dalam paprika memiliki kandungan vitamin, beta karoten dan zat besi yang dapat mencegah munculnya berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh faktor usia. Dengan rutin mengkonsumsi paprika ini dapat membantu dalam memperbaiki jaringan kulit dengan cara membatasi produksi melanin, melanin ini menjadi salah satu penyebab kulit menjadi gelap. Untuk mendapatkan manfaat paprika ini, maka anda disarankan untuk rutin menambahkan paprika sebagai campuran salad.

  1. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Beta karoten yang terkandung di dalam paprika juga sangat tinggi dan akan dikonversikan untuk menjadi sumber vitamin A yang sangat baik untuk tubuh, viamin ini sangat baik dalam memelihara kesehatan kulit dan mencegah terjadinya proses penuaan dini serta menjadikan kulit tampak lebih cerah.

  1. Mengobati Penyakit Varises

Paprika juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk mencegah dan sekaligus mengatasi varises, karena di dalam paprika mempunyai sifat yang berfungsi untuk memperkuat pembuluh darah di dalam tubuh. Jika anda sedang mengalami varises di kaki, maka anda bisa mengatasinya dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari paprika dan membalurkannya ke seluruh bagian kaki yang terkena varises. Dengan dilakukan secara rutin dan teratur setiap malam, maka sedikit-sedikit varises di kaki akan berkurang dan berangsur-angsur menghilang.

  1. Mencegah Kerontokan Pada Rambut

Paprika adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki sumber vitamin B6 yang dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut. Di dalam paprika juga memiliki kandungan zat besi yang dapat berfungsi untuk memfasilitasi suplai oksigen menuju ke folikel rambut, sehingga dapat membantu dalam merangsang perutmbuhan rambut baru, menguatka akar rambut dan juga membantu melancarkan peredaran darah pada kulit kepala.

  1. Bersifat Anti Inflamasi

Sayuran paprika sendiri memiliki sifat anti inflamasi yang memiliki peranan yang besar dan memiliki banyak sekal manfaatnya untuk orang yang terkena penyakit autoimun dan inflamasi. Rutin mengkonsumsi paprika setiap hari dapat membantu meredakan rasa nyeri dan efek pembengkakan yang disebabkan oleh penyakit arthritis dan berbagai gejala lainnya.

  1. Sumber Energi

Di dalam paprika memiliki sumber energi berupa koenzim yang sangat baik untuk menjaga stamina tubuh tetap prima, karena mengkonsumsi paprika sendiri dapat membanu mengaktifkan 100 enzim dalam tubuh yang akan menjalankan fungsi dengan sempurna.

Selain itu, paprika juga mengandung zat besi yang dapat menyalurka oksigen ke seluruh organ dalam tubuh dan termasuk komponen yang membawa protein. Protein yang dibawa akan bertanggung jawab untuk menghasilkan sumber energi dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengembalikan kondisi tubuh seperti lelah, letih dan lesu.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang ada di dalam paprika memiliki peranan penting dalam membantu memelihara kesehatan mata, di dalam paprika memiliki 4 kandungan karotenoid cryptoxanthin yang terdiri dari beta, bata karoten, zea xanthin dan juga lutein. Kandungan vitamin tersebut dapat bermanfaat untuk mata dalam mengubah cahaya menjadi visi.

Sedangkan zat lutein dan zea xanthin memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko terjadinya perkembangan penyakit degenerasi makula dan penyakit katarak. Untuk mendapatkan khasiat yang optimal dari karotenoid, maka disarankan untuk mengkombinasikan antara paprika dengan sumber lemak yang bisa diperoleh dari bahan alami lain seperti minyak zaitun.

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi paprika secara rutin efektif untuk membantu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh, karena paprika memiliki kemampuan dalam menetralkan kadar asam dalam perut. kondisi tersebut merupakan proses stimulasi yang dapat memfasilitasi sistem pencernaan dengan membantu meningkatkan produksi air liur dan kadar asam dalam perut, sehingga dapat membantu mengatasi gangguan pada pencernaan.

  1. Mengatasi Gangguan Tidur

Vitamin B6 yang terkandung di dalam paprika mampu memberikan efek neurologis dan psikologis yang sangat kuat, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam membantu meningkatkan produksi hormon tidur. Melatonij yang berfungsi untuk membantu dalam mempertahankan siklus tidur tetap dalam kondisi normal. Tidak hanya itu, ternyata paprika juga mampu meningkatkan produksi serotonin dan norepinefrin dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi tingkat stres yang dapat menyebabkan gangguan tidur.

  1. Mencegah Dan Mengobati Penyakit Anemia

Di dalam paprika memiliki kandungan zat besi yang berperan sangat penting dalam membantu meningkatkan proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. selain itu, kandungan vitamin C dalam paprika mampu mempercepat proses penyerapan zat besi. Maka dengan demikian, mengkonsumsi paprika secara rutin dan teratur dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit anemia.

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan vitamin C dalam paprika juga sangat efektif untuk memberikan perlindungan bagi tubuh dalam mencegah penyakit kardiovaskular, terutama untuk penyakit jantung dan stroke. Vitamin E yang terkandung di dalam paprika dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat efek dari serangan radikal bebas berbahaya yang dapat menjadi pemicu dari serangan penyakit kardiovaskular. Selain itu, di dalam paprika juga memiliki kandungan mineral penting seperti zat besi, kalium, magnesium dan fosfor yang dapat membantu dalam membersihkan darah serta memelihara kesehatan jantung.

  1. Mencegah Kanker

Di dalam paprika juga memiliki sumber antioksidan yang tinggi, zat antioksidan ini dapat berperan penting dalam mencegah serta melawan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan pembentukan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Maka, dengan rutin mengkonsumsi paprika dapat membantu menghambat dan menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai 12 manfaat paprika untuk kesehatan, semoga dengan adanya artikel kesehatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Selamat mencoba dan sampai jumpa.

Loading...
12 Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: