12 Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Anda

Sawi Hijau

Sawi Hijau

Manfaat Sawi Hijau dan Kandungannya – Membahas mengenai Sawi sepertinya tidak akan pernah ada habisnya, karena salah satu jenis sayuran yang satu ini termasuk dalam keluarga Brassica atau Sawi-Sawian ini memang memiliki banyak sekali spesiesnya. Ada spesies alami dan ada juga spesies hasil dari persilangan, namun pada pembahasan kita kali ini akan mengulas terlebih dahulu tentang jenis sawi hijau.

Sawi hijau sendiri memiliki beberapa spesies, baik itu spesies alami dan juga spesies hasil persilangannya. Sawi hijau memang menjadi salah satu jenis sawi yang disukai oleh banyak masyarakat sebagai bahan masakan. Selain memiliki rasa yang enak, sawi hijau juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup banyak serta sangat baik dikonsumsi secara rutin setiap hari untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Sawi Hijau

Menurut dari hasil penelitian pada setiap 100 gram sawi hijau, mengandung kalori sekitar 13 kal, protein sekitar 1,5 gram, lemak sekitar 1 gram, serat fiber sekitar 1 gram, karbohidrat sekitar 2,2 gram dan sudah termasuk mengandung gula sekitar 1,2 gram, sodium sekitar 65 gram dan potasium sekitar 252 gram. Selain itu, mengkonsumsi 100 gram sawi hijau per hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 89%, vitamin B6 sebanyak 10% vitamin C sebanyak 75%, kalsium sebanyak 10%, magnesium sebanyak 4% dari total nutrisi harian tubuh.

Di lihat dari jumlah nutrisi yang ditawarkan dengan rutin mengkonsumsi sawi hijau ini, maka tak heran jika sawi hijau ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A termasuk salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh mata, karena dengan mengkonsumsi sawi secara rutin dapat membantu memelihara kesehatan dan fungsi mata tetap baik serta mencegah berbagai masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kesehatan mata.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Imunitas atau sistem pertahanan tubuh memang memiliki peranan yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit. Agar sistem imunitas tubuh tetap kuat, maka dibutuhkan asupan nutrisi dari makanan sehat bergizi seperti sawi hijau ini.

  1. Menghentikan Perkembangan Sel Kanker

Mengkonsumsi sawi hijau dipercaya memiliki kemampua untuk mencegah dan melawan perkembangan sel kanker di dalam tubuh, karena di dalam sayuran ini memiliki kandugan zat sulfur yang juga dikenal dengan sebutan glucosinolates. Kandungan zat tersebut telah diteliti dan hasilnya menujukan jika zat tersebut sangat ampuh untuk menghentikan perkembangan sel kanker dalam tubuh, mulai dari kanker paru-paru, payudara, prostat dan kanker kolorektal. Selain itu, menurut dari hasil studi menemukan bahwa kandungan zat glucosinolates ini sangat efektif untuk mencegah melanoma, kanker pankreas dan kanker kerongkongan.

Di dalam sawi hijau juga mengandung senyawa klorofil dalam jumlah yang sangat tinggi dan terbukti sangat ampuh untuk memblokir efek dari karsinogenik amina heterosiklik pada makanan yang di panggang. Bagi anda yang suka makanan yang dimasak dengan cara dipanggang, maka sebaiknya anda menambahkan sayuran ini untuk mencegah efek tersebut.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Kandungan serat dan air yang cukup tinggi pada sayuran sawi hijau ini dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh. Selain itu, di dalam sawi hijau juga mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dikenal dengan alpha-lipoic acid. Kandungan tersebut terbukti mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan juga mencegah terjadinya oksidasi stres yang diakibatkan oleh karena terjadinya perubahan pada pasien penderita diabetes. Dari hasil studi terhadap asam alpha-lipoic ini pun menunjukan hasil penurunan kadar neuropati otonom dan neuropati perifer pada penderita diabetes.

  1. Membantu Mempercepat Pertumbuhan Tulang Dan Gigi Anak

Dengan rutin memberikan sayuran sawi hijau ini pada anak-anak dan balita dapat membantu mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi, bahkan dapat mencegah terjadinya proses pengapuran dan pengeroposan.

  1. Mencegah Tubuh Mengalami Dehidrasi

Seperti yang telah disampaikan diatas, bahwa di dalam sawi hijau mengandung kadar air yang sangat tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsinya dapat mencegah tubuh mengalami kehilangan cairan tubuh selama beraktivitas (dehidrasi).

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika anda atau anak anda mengalami penurunan nafsu makan, maka cobalah untuk sering memberikan menu masakan dari sawi hijau ini. manfaat sawi hijau ini sudah terbukti sangat efektif untuk membantu dalam meningkatkan kembali nafsu makan.

  1. Membersihkan Darah

Terkadang di dalam darah manusia terkontaminasi zat-zat racun yang tidak baik untuk kesehatan, sebaiknya segera atasi dengan rutin mengkonsumsi sawi hijau setiap hari. Sawi hijau ini dapat berfungsi untuk membersihkan darah dalam tubuh dan menetralisir zat-zat racun berbahaya di dalamnya.

  1. Meredakan Pusing Dan Sakit Kepala

Vitamin B kompleks yang terkandung di dalam sawi hijau cukup ampuh untuk menghilangkan pusing di kepala, baik itu disebabkan oleh karena hipertensi, anemia atau karena data tahan tuuh yang sedang melemah. Maka dengan rutin mengkonsumsi sawi hijau, gejala pusing tersebut akan segera sembuh.

  1. Mengandung Sumber Omega 3

Tidak hanya baik untuk meningkatkan kesehatan otak, ternyata omega 3 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karena, dengan rutin mengkonsumsi sawi hijau dapat membantu menstabilkan ritme detak jantung dan juga dapat terhindari dari penyakit jantung koroner.

  1. Menjaga Suasana Hati Dan Memperbaiki Kualitas Tidur

Di dalam sawi hijau juga mengandung kolin yang dapat membantu memperbaiki kualitas tidur, pergerakan otot, memori dan belajar anak. Kandungan kolin juga dapat membantu dalam mempertahankan struktur membran sel, membantu proses penyerapan lemak, membantu proses impuls saraf dan mengurangi efek inflamasi. Di dalam kolin juga ditemukan folat yang sangat berperan penting dalam membantu mencegah pembentukan homosistein berlebih dalam tubuh. efek dari kelebihan homosistein dalam tubuh dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin, norepinephrine dan juga dopamine yang berfungsi untuk mengatur suasana hati, memperbaiki kualitas tidur dan nafsu makan.

  1. Baik Untuk Diet

Diet menjadi solusi terbaik untuk menurunkan berat badan berlebih, sehingga banyak yang melakukan diet agar bisa mendapatkan bentuk dan berat badan yang ideal. Namun masih banyak yang salah dalam menerapkan pola makan dan jenis makanan sehat yang baik untuk mendukung program diet yang sedang dijalaninya. Jika boleh kami sarankan, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan termasuk sayur sawi hijau sebanyak 250 gram perhari. Untuk mendapatkan hasil optimal, imbangi dengan olahraga secara rutin dan teratur setiap hari.

Efek Samping Mengkonsumsi Sawi Hijau Berlebihan

Meskipun memiliki segudang manfaat, namun jika dikonsumsi oleh orang yang tidak tepat dapat berbalik menjadi bumerang bagi anda sendiri. Hal ini dikarenakan, di dalam sawi mengandung goitrogens yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid, maka sebaiknya hindari dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan disfungsi tiroid. Selain itu, bagi penderita penyakit batu ginjal oksalat sebaiknya harus hati-hati mengkonsumsi sawi hijau dan pastikan anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat sawi hijau untuk kesehatan, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

Loading...
12 Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: