15 Manfaat Selada Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Selada

Manfaat Selada

Manfaat Selada dan Kandungannya – Daun selada biasanya sering dijadikan sebagai makanan pelengkap seperti nasi goreng, salad atau dijadikan sebagai lalapan. Selain sebagai pelengkap dan juga lalapan, ternyata selada juga sering dijadikan sebagai penghias suatu masakan atau makanan tertentu.

Jika di lihat dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, ternyata daun selada memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan bahkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Di Dalam Daun Selada

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam daun selada, diantaranya yaitu :

  • Vitamin A
  • Vitami B6
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Beta karoten
  • Protein
  • Lutein
  • Kalium
  • Serat
  • Zat besi
  • Kolin
  • Alkaloid
  • Dan senyawa kimia lainnya

Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan

Di lihat dari kandungan nutrisinya yang lengkap, ternyata daun selada ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai pelengkap makanan dan lalapan saja. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya setiap hari untuk kesehatan. Penasaran, apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Mempercepat Masa Pertumbuhan Anak

Daun selada sebaiknya sering-sering diberikan kepada anak-anak, baik dijadikan jus maupun salad. Hal ini dikarenakan, di dalam selada ini mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk membantu mempercepat masa pertumbuhan tubuh anak. Seperti kandungan zat besi dan vitamin K yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi, bahkan kandungan protein yang ada di dalamnya mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

  1. Mencegah dan Mengobati Anemia

Jika anda sering mengalami gejala 5L yaitu lelah, letih dan lesu, maka kemungkian anda sedang terserang gejala penyakit anemia. Untuk mengobatinya, anda bisa memanfaatkan daun selada ini untuk membantu menambah sel darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam daun selada mengandung zat besi yang sangat baik untuk membantu meningkatkan proses pembentukan sel darah merah baru.

  1. Mengobati Sariawan

Di dalam daun selada juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tingi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi daun selada mentah sebagai lalapan dapat membantu menyembuhkan sariawan. Selain dikonsumsi mentah, anda juga bisa jadikan seladah sebagai jus segar.

  1. Mengobati Penyakit Diabetes

Daun selada juga sangat baik dan bermanfaat untuk dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes, karena kandungan gula yang terkandung di dalam daun selada sangat rendah, sehingga baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

  1. Mengatasi Insomnia

Di dalam daun selada terdapat kandungan senyawa yang cukup unik, yaitu yang dikenal dengan nama lactucarium yang dapat memberikan efek tenang bagi yang mengkonsumsinya. Maka dari itu, dengan rutin mengkonsumsi daun selada pada saat makan malam, maka tubuh akan merasa lebih rileks dan akan membuat anda cepat terlelap.

  1. Membantu Meningkatkan Sistem Imun

Pada saat kondisi sistem imun kita sedang lemah, maka tubuh akan sangat rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, dengan rutin mengkonsumsi selada dapat membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh dan tubuh pun akan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

  1. Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Gaya hidup dan pola hidup yang tidak sehat dan jarang melakukan aktivitas olahraga dapat menyebabkan racun mengendap dalam tubuh. Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, maka disarankan untuk rutin mengkonsumsi daun selada. Racun dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat dan urin.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan dengan cara menjalani program diet, maka disarankan untuk menambahkan daun selada pada menu diet anda. Hal ini dikarenakan, di dalam daun selada mengandung serat yang cukup tinggi dan sejumlah nutrisi lain yang mampu membakar lemak dengan cepat dalam tubuh. Dengan begitu, program diet yang sedang anda jalani akan mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Bagi ibu hamil memang sangat disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi sayuran hijau, salah satunya daun selada. Karena, di dalam daun selada mengandung sejumlah nutrisi penting yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan janin dalam kandungan. Manfaat daun selada untuk ibu hamil yaitu dapat membantu mencegah sembelit dan gangguan pencernaan yang sering kali di alami saat hamil, sedangkan untuk janin dapat membantu meningkatkan proses pertumbuhan tubuh janin dan perkembangan otaknya.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang terkandung di dalam daun selada ini sangat tinggi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan pada pencernaan, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit atau susah buang air besar serta gangguan pencernaan lainnya.

  1. Mampu Menangkal Radikal Bebas

Salah satu penyebab dari pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh yaitu disebabkan oleh radikal bebas, radikal bebas ini biasanya disebabkan oleh karena ada zat polutan dan polusi yang masuk ke dalam tubuh dan kemudian mengaktifkan sel kanker di dalam tubuh. Untuk mencegahnya, maka anda bisa rutin mengkonsumsi daun selada yang sangat bermanfaat untuk membantu menangkal serangan radikal bebas berbahaya dan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Memulihkan Otot Dan Saraf

Ketika tubuh sering mengalami kelelahan dan nyaris kehilangan stamina akibat terlalu capek bekerja, maka untuk memulihkan kembali otot dan saraf bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi daun selada secara rutin. Dengan mengkonsumsi daun selada segar secara rutin setiap hari, maka stamina tubuh akan selalu terjaga sepanjang hari.

  1. Meningkatkan Fungsi Hati

Jika tumpukan racun di dalam tubuh sudah semakin banyak dan terpusat pada organ hati, maka kondisi tersebut dapat menyebabkan melemahnya kesehatan dan fungsi hati atau liver dalam tubuh. Namun dengan rutin mengkonsumsi daun selada setiap hari, maka organ hati mampu bekerja dengan maksimal untuk menetralisir racun yang mengandap dalam tubuh.

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu tinggi tentu akan berdampak burung bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat menyebabkan tubuh terserang penyakit jantung dan bahkan serangan jantung secara tiba-tiba. Maka dari itu, jika anda sudah terdeteksi mengidap penyakit kolesterol tinggi sebaiknya segera atasi dengan rutin mengkonsumsi daun seleda segar setiap hari. Kandungan zat dan nutrisi penting yang ada dalam selada mampu membantu dalam menurukan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, juga dapat membantu membakar lemak berlebih dalam tubuh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, daun selada juga terbukti efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi ini dapat memicu berbagai jenis penyakit berbahaya jika tidak segera diatas seperti penyakit jantung, stroke dan bahkan menyebabkan pembuluh darah pecah yang berujung pada kematian.

Itulah 15 manfaat daun selada yang perlu diketahui, semoga informasi kesehatan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

15 Manfaat Selada Untuk Kesehatan Tubuh Anda | Khumaira | 4.5
error: