11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Seledri

Manfaat Seledri

Sehat-natural.com – Bagi para ibu rumah tangga tentu sudah tidak asing lagi dengan seledri, daun seledri umumnya sering digunakan untuk menyedapkan suatu masakan berkuah seperti sup, bubur dan jenis masakan lainnya. Selain itu, tanaman seledri juga sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Dibalik dari fungsinya tersebut, daun seledri juga mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Seledri

Untuk mengetahui kandungan gizi dan nutrisi apa saja yang terkandung di dalam daun seledri, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

  • Seledri termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman obat yang di dalamnya memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Di setiap 100 gram memiliki kandungan serat tidak larut sebanyak 16 kkal.
  • Di dalam daun selederi juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan terdiri dari beberapa jenis antioksidan seperti lutein, zea xanthin dan beta karoten.
  • Seledri juga termasuk ke dalam jenis tanaman yang memiliki sumber vitamin A terbaik, vitamin A dan betakaroten yang terkandung di dalam seledri dapat berfungsi sebagai senyawa antioksidan flavonoid yang sangat baik untuk melindungi tubuh.
  • Daun seledri juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, riboflavin, niasin yang sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh.
  • Di dalam daun seledri dan bijinya juga mengandung beberapa jenis minyak atsiri seperti limonene, terpen dan humulene. Tetapi aroma daun seledri ini dihasilkan dari senyawa kimia yang sebut dengan phthalides. Selain itu, di bagian biji dan akar tanaman seledri memiliki sifat diuretik, stimulan, galactogogue dan sifat tonik alami.
  • Selain itu, di dalam daun seledri juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti kalium, zat besi dan masih banyak lagi kandungan nurisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dengan rutin mengkonsumsi daun seledri untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Efektif Mengobati Rematik

Bagi anda yang sedang menderita rasa sakit akibat penyakit rematik, maka tentu kondisi yang sedang anda alami tersebut akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab penyakit rematik sendiri disebabkan oleh karena produksi asam urat berlebih yang menumpuk di area persendian, jika dibiarkan saja akan menyebabkan pengkristalan sehingga menyebabkan pergerakan menjadi terganggu dan terasa sakit. Untuk meredakan rasa sakit yang anda derita, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi segelas air rebusan daun seledri dengan dosis 2 kali sehari.

  1. Mengobati Penyakit Anemia

Daun seledri juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit anemia. Penyakit anemia atau dikenal juga dengan sebutan kurang darah dapat ditandai dengan munculnya gejala seperti sakit kepala, pusing, tubuh terasa lemas, letih dan lesu. Kondisi tubuh yang sedang mengalami anemia tentu dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Cara alami mengobati anemia bisa dilakukan dengan rutin minum air rebusan daun seledri secara rutin 1 gelas dua kali sehari.

  1. Mengobati Batuk Berdahak

Ketika sedang terserang batuk berdahak, maka segera obat dengan obat alami yang terbuat dari daun seledri segar. Caranya yaitu dengan rutin minum setengah gelas air rebusan daun seledri yang diberi tambahan air perasan jeruk nipis. Minum secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai batuk berdahak sembuh.

  1. Mencegah Kanker

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa daun seledri memiliki kandungan antioksidan yang banyak, antioksidan tersebut dapat berkhasiat untuk mencegah dan melawan serangan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami penyempitan, sehingga dapat memicu munculnya penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk membantu menurunkan kolsterol tinggi secara alami, anda bisa memanfaatkan daun seledri untuk dijadikan sebagai bahan obat herbal penurun kolesterol. Caranya yaitu, anda cukup minum segelas air rebusan daun selederi secara rutin dan teratur 2 kali sehari.

  1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Selain baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, minum air rebusan daun seledri juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyakit darah tinggi ini akan sangat berbahaya jika tidak segera diatasi, karena sangat beresiko menyebabkan penyakit jantung, stroke, pecah pembuluh darah dan bahkan dapat berujung pada kematian.

  1. Mengobati Sakit Asma

Meski menurut medis penyakit asma ini tidak bisa disembuhkan, namun dengan rutin minum air rebusan daun seledri ini setidaknya dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah asma agar tidak mudah kambuh. Meski demikian, dengan rutin minum air rebusan daun seledri ini dapat membantu meredakan sesak nafas akibat penyakit asma.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat daun seledri untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

  1. Merawat Kulit Agar Terlihat Awet Muda

Di dalam daun seledri juga mengandung vitamin A, B dan C yang sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit dari dalam. Dengan rutin minum air rebusan daun seledri ini dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit kulit, serta menjadikan kulit tampak lebih halus, kencang dan awet muda.

  1. Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit wajah berminyak dan kusam, maka cara alami untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan melakukan perawatan menggunakan daun seledri. Caranya yaitu, pertama-tama haluskan daun seledri secukupnya, lalu balurkan pada kulit wajah secara merata dan gosok secara perlahan dengan telapak tangan. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih. lakukan perawata kecantikan ini secara rutin 2-3 kali seminggu.

  1. Mencegah Dan Mengatasi Kerontokan Rambut

Daun seledri juga tidak hanya dapat dijadikan sebagai obat herbal dalam mengobati berbagai jenis penyakit, tetapi juga ternyata daun seledri ini sangat ampuh untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan daun seledri secukupnya dengan cara di blender atau ditumbuk. Setelah itu, balurkan pada kelapa yang sebelumnya telah dibasahi terlebih dahulu dengan air hangat. pada saat sedang membalurkan daun seledri ini, lakukan pemijatan secara perlahan. Setelah itu, diamkan selama 15-30 menit dan bilas hingga bersih. Agar hasilnya bisa optimal, sebaiknya lakukan cara alami ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu.

  1. Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun seledri juga sangat efektif untuk membantu menghilangkan jerawat, karena kandungan zat yang ada di dalamnya mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan daun seledri ini sangat mudah, anda hanya perlu rutin cuci muka dengan menggunakan air rebusan daun seledri 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • obat penurun panas yang praktis
11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: