50 Manfaat Dan Kandungan Tauge Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Tauge

Manfaat Tauge

Manfaat dan Kandungan Tauge – Banyak masyarakat yang percaya jika mengkonsumsi tauge atau toge dapat meningkatkan kesuburan bagi para pasangan suami istri agar bisa cepat medapatkan keturunan. Toge sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah di dapat, bahkan keberadaan tauge ini selalu tersedia tanpa mengenal musim.

Sayuran yang satu ini dapat dijadikan sebagai berbagai jenis hidangan masakan, tidak hanya dapat dijadikan sebagai makanan berat tetapi juga dapat dijadikan sebagai tumisan ataupun dijadikan gorengan dengan isian tauge di bagian dalamya. Selain mudah didapatkan, tauge juga menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat merakyat, karena harganya yang sangat terjagkau dan mudah didapatkan baik di pasar tradisional hingga pasar modern.

Meskipun harganya murah, namun tauge terkenal akan kandungan nutrisinya yang sangat melimpah. Maka tak heran jika tauge ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Pada Tauge

Banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam tauge, dari setiap 100 gram tauge mengandung kalori sekitar 23 kal, sodium sekitar 6 mg, potassium sekitar 79 mg, karbohidrat sekitar 2,1 gram, gula sekitar 0,2 gram dan protein sekitar 4 gram. Selain itu, setiap mengkonsumsi 100 gram tauge dalam sehari mampu memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 3%, vitamin C sebanyak 13%, kalsium sebanyak 3% dan magnesium sebanyak 6%.

Manfaat Tauge Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan untuk kesehatan tubuh dengan rutin dan teratur mengkonsumsi tauge, diantaranya yaitu :

  1. Mencegah Kanker

Tauge salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan senyawa antioksidan, senyawa ini mampu melawan serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengahambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke

Mengkonsumsi tauge secara rutin dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam darah, karena kadar lemak darah yang tinggi sangat beresiko menyebabkan penyakit jantung dan serangan stroke. Maka dengan rutin mengkonsumsi tauge mampu menurunkan resiko serangan penyakit tersebut.

  1. Mencegah Osteoporosis

Di dalam tauge mengandung estrogen alami yang dapat bekerja seperti estrogen buatan, tetapi kadar estrogen alami berlebih di dalam tubuh tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. estrogen alami dalam tauge dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan juga mencegah osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat tauge berikutnya yaitu dipercaya efektif untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan aktivitas sel-sel dalam pembuluh darah alami terutama untuk limfosit T-sel dan juga interferon. Terutama kandungan antioksidan yang ada dalam tauge sangat melimpah, sehingga bermanfaat untuk mencegah serangan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tauge sendiri bersifat basa, sehingga tauge sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman dalam lambung tetap stabil dan sekaligus menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, di dalam tauge juga mengandung serat alami yang mampu meningkatkan kontraksi pada saluran pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar serta mencegah sembelit.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Bagi pasangan suami istri yang masih juga belum juga mendapatkan keturunan atau pasangan baru yang ingin cepat memiliki anak, maka disarankan untuk sering mengkonsumsi tauge. Hal ini dikarenakan, salah satu manfaat tauge ini dipercaya sejal dulu dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita. Dengan tingkat kesuburan yang tinggi, maka potensi untuk bisa hamil bagi kaum istri lebih besar.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tauge juga ternyata sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet, karena di dalam tauge mengandung lemak yang sangat redah dan mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga tauge ini dapat menjadi makanan yang sangat cocok untuk dimasukan ke dalam menu diet harian anda. untuk mendapatkan hasil optimal, anda harus tetap mengimbanginya dengan rutin melakukan aktivitas olahraga.

  1. Melancarkan Siklus Menstruasi

Tauge juga memiliki kemampuan de-oksidasi yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu meningkaykan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar dapat membantu melancarkan siklus menstruasi dan sekaligus mencegah munculnya gangguan saat menstruasi seperi mengurangi rasa nyeri.

  1. Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari mengkonsumsi tauge yaitu memiliki kemampuan untuk menetralisir zat dan racun berbahaya dalam tubuh, karena di dalam tauge mengandung kadar air dan serat alami yang sangat tinggi. Selain itu, mengkonsumsi tauge secara rutin dan teratur dapat membantu mengeluarkan zat dan racun berbahaya bersama dengan kotoran dalam usus besar.

  1. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Di dalam tauge juga kaya akan kandungan zat besi yang sangat baik untuk membantu proses pembentukan hemoglobin dalam tubuh, hemoglobin sendiri sejenis protein yang banyak terkandung di dalam sel-sel darah merah. Maka dari itu, dengan rutin mengkonsumsi tauge sangat efektif untuk membantu menurunkan resiko penyakit anemia.

Selain itu, di dalam tauge juga mengandung vitamin C yang berperan penting dalam membantu memaksimalkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi penyakit anemia akibat dari kekurangan asupan zat besi. Maka dari itu, bagi anda yang sering menderita gejala karena penyakit anemia, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi tauge.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Manfaat tauge lainnya untuk kesehatan tubuh yaitu dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi dari organ hati, karena di dalam tauge mengandung banyak sekali zat lesitin yang efektif untuk membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah dan sekaligus mengurangi kadar lemak berlebih dalam hati. Dengan demikian, maka kesehatan dan fungsi organ hati akan selalu terjaga dengan baik.

  1. Mengatasi Kelelahan

Bagi ada yang sering melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari yang sering membuat anda merasa kelelahan, maka sangat disarankan agar anda rutin mengkonsumsi tauge setiap hari. Hal ini dikarenakan, di dalam tauge mengandung protein yang cukup tinggi untuk membantu mengembalikan stamina tubuh yang hilang akibat terlalu lelah beraktivitas.

  1. Mencegah Diabetes

Kandungan gula di dalam tauge sangat rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anda yang menderita penyakit diabetes. Selain itu, di dalam tauge juga mengandung nurisi penting yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh.

  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat tauge juga sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, karena di dalam tauge kaya akan kandungan vitamin C dan kalium yang berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah dalam tubuh.

Jadi, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi tauge dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan anda.

Itulah beberapa manfaat tauge untuk kesehatan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Loading...
50 Manfaat Dan Kandungan Tauge Bagi Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: