12 Manfaat Temulawak Putih Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Temulawak Putih

Manfaat Temulawak Putih

Manfaat Temulawak Putih Secara Medis – Temulawak putih atau temu putih merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang hampir mirip dengan kunyit atau jahe. Tanaman rimpang ini termasuk ke dalam keluarga zingiberaceae yang berasal dari Indonesia dan India. Meski tanaman obat ini berasal dari Indonesia dan India, namun tanaman obat ini sudah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia untuk dijadikan sebagai bumbu masak dan juga bahan dalam membuat ramuan obat herbal.

Seluruh bagian dari tanaman temulawak sendiri hampir semuanya bisa kita manfaatkan, mulai dari bagian daun, bunga, rimpangnya. Selain itu, temulawak juga saat ini sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat dan produk kosmetik, karena di dalam temulawak putih ini memiliki banyak sekali kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Zat Dalam Temulawak Putih

Rimpang temulawak putih ini memiliki kandungan zat yang sangat penting dan berkhasiat untuk kesehatan dan mengobati berbagai jenis penyakit. Beberapa kandungan zat yang paling banyak terkandung di dalam temulawak putih ini diantaranya yaitu mengandung minyak asiri sekitar 1,48-1,63 %, zat tepung sekitar 48-59,64 % dan mengandung kurkumin sekitar1,6-2,2 %.

Berbagai kandungan zat tersebut sangat dipercaya berkhasiat untuk membantu meningkatkan fungsi dan kerja organ ginjal, bahkan dapat berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Selain itu, di dalam temulawak putih juga mengandung sejumlah zat penting lainnya seperti zat antioksidan, anti kanker, anti mikroba, anti kolesterol dan beberapa kandungan zat lainnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Temulawak Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan untuk kesehatan dari temulawak putih ini, diantaranya yaitu :

  1. Mengobati Masuk Angin

Bagi anda yang sering bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor, maka mungkin anda sering mengalami gejala masuk angin seperti pusing, perut kembang dan mual. Untuk mengobatinya, maka anda bisa memanfaatkan temulawak putih sebagai obat herbal untuk menangkas masuk angin. Caranya yaitu, siapkan temulawak putih kira-kira satu ruas jari, irisa kasar atau memarkan. Setelah itu, rebus temu putih yang sebelumnya sudah anda cuci sampai bersih. Kemudian saring airnya dan minum selagi hangat. Untuk mengurangi rasa pahit, maka anda bisa menambahkan sedikit madu.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan seseorang mudah sekali menurun, terlebih bagi usia anak-anak dan orang tua lanjut usia. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka tubuh bisa mengalami kekurangan asupan nutrisi dan pada akhirnya dapat mengganggu pertumbuhan sang anak. Selain itu, kehilangan nafsu makan dapat menyebabkan tubuh mengalami kehilangan energi dan pastinya akan mempengaruhi aktivitas anda sehari-hari. Untuk mengatasinya, maka anda bisa minum air rebusan temu putih secara rutin sampai masalah tersebut teratasi dan nafsu makan anak anda pun kembali normal.

  1. Meningkatkan Gairah Pria Dan Wanita

Rutin minum air rebusan temu putih tidak haya baik untuk mengobati masuk angin dan meningkatkan nafsu makan saja, tetapi juga dapat membantu membangkitkan gairah hubungan pasutri. Selain itu, minum air rebusan temu putih juga sangat baik untuk membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi pada kaum pria, menguatkan otot pada rahim dan membantu mempermudah proses melahirkan.

  1. Mendetoksifikasi Tubuh

Kandungan zat yang terkandung di dalam temulawak putih sangat baik untuk membantu mengeluarkan racun dan tumpukan sisa limbah dalam tubuh dengan cara membersihkan dan mengembalikan kemurnian darah dalam tubuh. hal ini sangat baik dan bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah Dalam Tubuh

Di dalam temulawak putih juga mengandung sejumlah senyawa kimia yang sangat penting untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, jika peredaran darah dalam tubuh terhambat dapat menyebabkan resiko terserang penyakit, terlebih peredaran darah yang menuju ke otak.

  1. Memulihkan Stamina Tubuh

Setelah lelah seharian beraktivitas, maka stamina tubuh akan berkurang dan membuat tubuh terasa lelah, lemas dan letih. Untuk membatu mengembalikan stamina tubuh, maka anda bisa mencoba minum air rebusan temu putih yang diberi tambahan madu secara rutin setiap setelah beraktivitas. Selain dapat mengembalikan stamina tubuh, air rebusan temu putih ini juga dapat membuat tidur anda lebih nyenyak sehingga pada keesokan harinya tubuh akan terasa lebih segar dan bugar.

  1. Meredakan Demam

Dengan rutin minum ramua herbal dari temu putih secara rutin dan teratur, maka suhu tubuh bisa terkontrol dengan baik. Sehingga anda tidak perlu mengkonumsi obat penurun panas, di tambah dengan istirahat cukup dapat membantu mempercepat penurunan demam.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Memiliki masalah bau mulut, maka dapat membuat kita merasa kurang percaya diri ketika bercengkrama dengan banyak orang. Untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap, anda bisa memanfaatkan temulawak putih ini untuk dijadikan sebagai obat heral. Caranya yaitu, anda bisa mengunyah temu putih secara langsung atau dengan rutin berkumur dengan air rebusan temulawak putih ini.

  1. Mengobati Sakit Maag

Sakit maag bisa muncul akibat dari pola makan yang tidak sehat dan teratur, atau bisa juga disebabkan oleh karena mengkonsumsi jenis makanan yang dapat memicu peningkatan asam lambung. Untuk mengobati sakit maag, anda bisa melakukan cara alami dengan minum air rebusan temulawak putih dan ditambah sedikit madu secara rutin dan teratur setiap hari selagi hangat.

  1. Mengobati Penyakit Miom

Miom merupakan nama jenis penyakit yang mirip seperti tumor, miom ini biasanya akan tumbuh pada otot dinding rahim dan bisa menyebabkan pendarahan hebat bagi wanita yang mengalaminya. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada area panggul dan juga meningkatkan tekanan terhadap organ-organ lain yang ada dalam tubuh.

Miom Uteri dapat mempengaruhi kehamilan yaitu terjadi kelainan pada posisi bayi dan plasenta, kontraksi rahim yang lemah, terhalangnya jalan untul lahir, terjadi pendarahan setelah melahirkan, terganggunya proses pelepasan plasenta dan bahkan dapat menyebabkan keguguran bagi ibu hamil muda. Salah satu cara alami untuk mengobatinya yaitu dengan rutin minum air rebusan temu putih setiap hari dengan dosis 2-3 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum.

  1. Mengurangi Tingkat Stres Dan Kecemasan

Manfaat temulawak putih berikutnya dipercaya sangat efektif untuk membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, sehingga bagi anda yang sering merasa stres dan cemas berlebih ketika menghadapi suatu permasalahan. Maka sangat disarankan agar anda rutin minum air rebusan temulawak putih hangat setiap akan tidur.

  1. Mencegah Kanker

Di dalam temulawak putih mengandung senyawa kimia dan juga kandungan zat kimia lainya yang sangat efektif untuk mencegah pembentukan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Dengan rutin minum air rebusan temu putih sebanyak 1 gelas per hari, maka resiko terserang penyakit kanker akan semakin kecil. Hal ini dikarenakan, kandungan senyawa antioksidan dan anti kanker yang terkandung di dalam temu putih ini sangat berkhasiat untuk menangkal dan membasmi radikal bebas berbahaya yang menjadi penyebab kanker.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai manfaat temulawak putih yang bisa kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca semua.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
12 Manfaat Temulawak Putih Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: