10 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak memang saat ini sudah bukan rahasia umum lagi di kalangan masyarakat, bahkan banyak perusahaan obat dan jamu yang menggunakan temulawak sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat-obatan. Sebegitu terkenalnya, tak heran jika temulawak ini sudah menyebar luas hingga ke penjuru dunia. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari temulawak, karena di dalam temulawak memiliki sejumlah zat dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Zat Dan Nutrisi Pada Temulawak

Dari hasi penelitian ilmiah menunjukan bahwa, di dalam temulawan mengandung kurkumin yang sangat tinggi. selain itu, di dalam temulawak juga mengandung banyak sekali jenis zat dan senyawa kimia yang diperlukan tubuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit seperti vitamin, mineral, zat besi, antioksidan, antiinflamasi dan masih banyak lagi kandungan zat lainnya.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan untuk kesehatan dengan rutin mengkonsumsi temulawak, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga Kesehatan Dan Fungsi Jantung

Di dalam temulawak mengandung kurkumin yang sangat tinggi, bahkan kadarnya lebih tinggi dari jahe dan kunyit. Maka tak heran apabila temulawak ini memiliki khasiat yang begitu menakjubkan ketika dijadikan sebagai obat herbal. Salah satu manfaat temulawak ini dipercaya mampu menjaga kesehatan dan fungsi organ jantung. karena di dalam temulawan mengandung kurkuminoid yang dapat membantu merangsang empedu untuk mengeluarkan kadar kolesterol jahat dalam darah, mengingat dampaknya yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dan memicu penyakit jantung.

  1. Menurunkan Kolesterol Buruk

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa salah satu manfaat temulawak ini yaitu dapat membantu menurunkan dan membuang kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini dikarenakan, di dalam temulawak mengandung zat kurkumin dan kurkuminoid dalam jumlah yang sangat besar, sehingga dapat membantu kerja empedu untuk mengeluarkan kadar lemak terutama kadar kolesterol jahat melalui saluran pembuangan.

  1. Menjaga Kesehatan Dan Fungsi Hati

Menurut hasil penelitian menunjukan bahwa, di dalam temulawak mengandung sejumlah zat dan senyawa penting yang dapat membantu untuk mempercepat aliran empedu, sehingga kondisi demikian dapat mempercepat proses regenerasi terhadap sel-sel. Selain itu, manfaat temulawak juga dipercaya untuk dijadikan sebagai pembersih alami organ hati atau liver. Organ hati sendiri berfungsi untuk mengolah zat dan racun berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkannya dengan bantuan cairan yang dihasilkan oleh empedu. Peningkatan sirkulasi cairan empedu ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi hati dalam melakukan detoksifikasi racun dalam tubuh.

  1. Menyembuhkan Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh karena organ hati atau liver mengalami kondisi tidak sehat, sehingga fungsi dan kerja organ hati tidak akan optimal dalam menetralisir zat dan racun dalam tubuh. Untuk mengobatinya, maka disarankan untuk rutin dan teratur minum air rebusan temulawak agar penyakit hepatitis bisa segera disembuhkan.

Cara mengobati hepatiti dengan temulawak cukup mudah, pertama-tama siapkan 2 ruas jari temulawak, lalu kupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Setelah itu, iris kasar dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus sampai mendidih dan biarkan sampai air rebusannya hanya tersisa satu gelas saja. minum ramuan herbal tersebut 2 kali sehari sampai sembuh.

  1. Megobati Radang Sendi

Di dalam temulawak mengandung kurkumin yang setara dengan 100 mg fenibutazon, kandungan zat tersebut sangat efektif untuk membantu meredakan rasa sakit dan nyeri akibat peradangan pada sendi. Cara kerja kurkumin ini sendiri dapat melakukan proses penghambatan perpindahan sel leuksit menuju ke daerah radang, hasil pengujian yang dilakukan pun memberikan hasil adanya perbaikan secara signifikan terhadap penderita radang sendi.

Bahkan masyarakat India sudah sejak lama memanfaatkan tanaman obat ini untuk mencegah dan mengobati peradangan pada penderita penyaki arthritis. Dari hasil studi yang telah dilakukan pada tahun 2009, pasien penderita radang sendi mengalami perbaikan pada lututnya setelah rutin minum air rebusan temulawak ini secara rutin setiap hari selama 6 minggu. Beberapa para ahli pun menjelaskan bahwa, dengan rutin minum air rebusan temulawak ini dapat membantu mengurangi efek peradangan dan rasa nyeri akibat dari penyakit arthritis tanpa menimbulkan efek samping yang di nilai merugikan bagi kesehatan.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Zat yang terkandung di dalam tanamam obat temulawak ini memiliki kemampuan untuk membantu merangsang produksi empedu dalam kandung empedu, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Manfaat temulawak ini dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan pencernaan seperti perut kembung, begah, dispepsia dan gangguan pada pencernaan lainnya.

Menurut hasi studi yang dilakukan pada tahun 2006 yang telah diterbitkan oleh jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology, menjelaskan bahwa pasien yang rutin mengkonsumsi suplemen temulawak ini setiap hari dapat membantu mencegah kembuhnya gangguan pencernaan sering di alaminya dibandingkan dengan melakukan pengobatan dengan menggunakan plasebo selama 6 bulan.

  1. Mencegah Kanker

Dari hasil studi yang dilakukan menunjukan bahwa kandungan kurkumin dalam temulawak sangat efektif untuk membantu menghambat perkembangan sel kanker prostat dan juga mencegah perkembangan sel kanker lainnya. Meskipun penelitian ini masih belum dilanjutkan langsung kepada manusia, namun para dokter tetap menyarankan untuk rutin mengkonsumsi temulawak dalam melakukan pencegahan terhadap kanker.

Dari University of Maryland Medical Center pun menjelaskan bahwa, tanaman obat ini dipercaya mampu bekerja untuk menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kondisi ini pun merupakan efek dari pencegahan yang dihasilkan dari aktivitas senyawa antioksidan yang akan melindungi sel dari resiko terjadinya kerusakan.

  1. Meredakan Gelala Asma

Temulawak juga sangat efektif untuk membantu meredakan gejala serangan asma. Caranya cukup sederhana, siapkan ½ – 1 ruas temulawak. Lalu kupas dan bersihkan, kemudian iris temulawak tersebut dan rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Anda bisa menambahkan gula aren secukupnya, rebus terus sampai airnya hanya tersisa 2 gelas saja. Diamkan sampai air rebusan temulawak tersebut cukup hangat, lalu saring dan minum secara rutin 2-3 kali sehari sampai gejala asma yang diderita sembuh.

  1. Mengobati Sakit Ginjal

Temulawak juga dipercaya mampu mengobati sakit ginjal, untuk mengobatinya anda bisa membuat ramuannya seperti berikut ini.

Siapkan 1-2 ruas jari temulawak, lalu kupas dan bersihkan. Setelah itu, iris kasar atau memarkan temulawak dan rebus dengan air sebanyak 4 gelas. Tambahkan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran, rebus sampai mendidih dan biarkan sampai air rebusan temulawak hanya tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan temulawak tersebu selagi hangat sampai habis, minum secara rutin 2 kali sehari sampai sembuh.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Rutin minum air rebusan temulawak 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum dapat membantu meningkatkan nafsu makan pada anak-anak dan juga orang dewasa. Cara membuat ramuannya sangat mudah, rebus 1 ruas temulawak dengan 2 gelas air, lalu tambahkan gula aren secukupnya dan rebus sampai airnya tersisa 1 gelas saja. setelah itu, saring airnya dan minum sampai habis selagi hangat.

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan, semoga artikel kesehatan yang kami bahas diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
10 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: