12 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Tomat

Manfaat Tomat

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Tomat merupakan salah satu jenis buah dan sayuran yang di klaim mengandung banyak sekalai nutrisi sehat dan penting baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahan alami yang termasuk ke dalam jenis buah-buahan dan sayuran ini sering digunakan sebagai bahan pelengkap masakan dan baha untuk membuat minuman jus, bahkan tomat juga sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat saus dan sambal.

Banyak sekali manfaat yang dapat didapatkan dengan mengkonsumsi tomat baik secara langsung atau dijadikan minuman jus, karena di dalam buah tomat mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin dan teratur, diantaranya yaitu :

  1. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam tomat mengandung zat bernama zea-xanthuin yang dapat membantu dalam menangkal serangan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas sendiri dapat menjadi pemicu dari berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit kulit dan kanker, sehingga dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dan teratur dapat mencegah tubuh terpapar radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengkonsumsi tomat baik secara langsung atau dengan dibuat jus untuk di minum.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Tomat juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, vitamin ini juga dapat berperan sebagai betakaroten yang sangat baik dan dapat menjaga kesehatan mata. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, anda bisa minum segelas jus tomat secara rutin dan teratur pada pagi atau malam sebelum tidur.

  1. Dapat Mencegah Diabetes

Manfaat tomat lainnya yang bisa anda dapatkan dari rutin mengkonsumsi buah tomat segar yaitu dapat membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes. Bahkan penderita diabetes pun sangat baik untuk mengkonsumsi buah tomat, karena diklaim mampu membantu menurunkan kadar gula darah terlalu tinggi dalam tubuh.

  1. Pereda Rasa Sakit

Di dalam tomat terdapat kandungan senyawa bioflavonoid dan karetonoid yang dapat membantu meredakan rasa sakit. Bagi anda yang menderita rasa sakit baik pada suatu penyakit maupun terkena luka, maka untuk meredakannya bisa dengan mengkonsumsi tomat. Selain dapat meredakan rasa sakit, mengkonsumsi tomat juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Mengkonsumsi tomat dapat membantu meredakan rasa sakit dan nyeri akibat nyeri sendi, rematik dan arthritis.

  1. Dapat Menurunkan Darah Tinggi (hipertensi)

Penyakit darah tinggi atau hipertensi memang menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu penyebab darah tinggi sering kali dipicu oleh terlalu banyaknya asupan sodium ke dalam tubuh dan akibat dari gaya hidup yang kurang sehat. Bagi penderita penyakit darah tinggi, anda bisa mengkonsumsi tomat secara rutin dan teratur setiap hari, karena di dalam tomat mengandung potasium yang mampu menurunkan darah tinggi dan mengontrolnya agar tetap stabil.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Berbahaya

Selain dapat menurunkan darah tinggi, ternyata kandungan potasium yang terdapat pada tomat juga dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, tomat juga mengandung nutrisi penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti vitamin C, kalium, kolin, likopen dan serat alami. Selain itu, mengkonsumsi buah tomat juga diklaim dapat mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya seperti kanker dan stroke.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Setiap orang pastinya ingin memiliki berat badan yang ideal, terutama bagi para wanita karena dengan memiliki berat badan ideal dapat membuat penampilan semakin menarik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, disamping dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur anda juga bisa menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan, di dalam buah tomat kaya akan kandungan air dan serat alami yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mengurai lemak lebih banyak dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi atau minum jus tomat tanpa gula secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan secara alami.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan, ternyata tomat juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Diantaranya yaitu :

  1. Dapat Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak, untuk mengatasi kulit berminyak secara alami dapat dilakukan dengan melakukan perawatan secara alami dengan tomat. Hal ini dikarenakan, buah tomat mengandung vitamin C dan E yang dapat mengatasi kulit wajah berminyak dan mencegah iritasi pada kulit.

Caranya yaitu, ambil satu buah tomat segar dan potong menjadi dua bagian, lalu gunakan bagian dalam tomat tersebut dengan cara menggosok-gosokannya pada kulit wajah yang berminyak secara perlahan. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air dingin. Lakukan cara alami ini setiap pagi dan malam minimal 2 kali seminggu.

  1. Dapat Mencegah Dan Menghilangkan Komedo

Manfaat tomat untuk kulit wajah lainnya yaitu dapat mencegah dan menghilangkan komedo membandel dengan cepat dan aman tanpa efek samping bagi kulit.

Caranya yaitu, haluskan buah tomat dan kemudian oleskan jus tomat tersebut secara merata pada kulit wajah yang terdapat komedo, diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin. Pastikan sebelumnya melakukannya, kulit wajah anda dibersihkan dulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan membersihkan komedo secara maksimal. Untuk hasil maksimal, lakukan cara alami ini secara rutin dan teratur 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Dapat Mencegah Dan Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin C yang terdapat pada tomat sangat efektif untuk membantu mencegah dan menghilangkan jerawat secara alami. Caranya yaitu, siapkan satu buah tomat segar, lalu haluskan dengan blender. Setelah itu, oleskan masker tomat tersebut secara merata pada kulit wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas sampai bersih, lakukan cara menghilangkan jerawat dengan tomat ini setiap malam minimal 3 kali seminggu sampai jerawat hilang.

  1. Dapat Mencerahkan Kulit

Manfaat tomat untuk kecantikan lainnya yaitu terbukti efektif untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam dan gelap. Terlalu sering dan terlalu lama beraktivitas di luar rumah tentu dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap. Untuk menjadikan kulit wajah kembali cerah, anda bisa memanfaatkan buah tomat sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit. Cara mencerahkan kulit wajah kusam dengan tomat sama seperti cara mencegah dan menghilangkan jerawat pada poin diatas.

  1. Dapat Menghaluskan Kulit

Selain dapat mencerahkan kulit kusam, buah tomat juga dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit kasar. Masih dengan cara yang sama, anda bisa melakukan cara menghaluskan kulit dengan tomat secara rutin seperti cara diatas minimal 3 kali seminggu setiap malam sebelum tidur.

Itulah serangkaian manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kami jelaskan untuk anda, semoga apa yang kami bahas diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • mamfaat tomat unta
12 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error: