50 Manfaat dan Kandungan Wortel Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Wortel

Manfaat Wortel

Manfaat dan Kandungan Gizi Wortel – Wortel termasuk salah satu jenis sayuran yang populer di masyarakat, karena selain memiliki rasa yang enak juga mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap sehingga sangat baik untuk kesehata. Wortel sendiri biasanya sering dijadikan sebagai bahan masakan sayur, sup atau acar.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Wortel

Ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam wortel seperti vitamin, mineral dan senyawa penting lainnya yang sangat baik kesehatan. Di dalam setiap 100 gram wortel mengandung kalori sebanyak 41 kal, karbohidrat sebanyak 9,6 gram, protein sebanyak 0,9 gram, serat sebanyak 2,8 gram, lemak sebanyak 0,2 gram dan gula sebanyak 4,7 gram.

Di dalam wortel juga sangat kaya akan kandungan vitamin, mulai dari vitamin A sebanyak 835 µg, vitamin B kompleks, vitamin C sebanyak 5,9 mg, vitamin E sebanyak 0,66 mg dan vitamin K sebanyak 13,2 µg. Untuk vitamin B kompleks yang ada dalam wortel sendiri terdiri dari Thiamine (Vitamin B1) sebanyak 0,07 mg, Riboflavin (Vitamin B2) sebanyak 0,06 mg, Niacin (Vitamin B3) sebanyak 0,98 gram, Panthothenic acid (Vitamin B5) sebanyak 0,27 mg, Pyridoxine (Vitamin B6) sebanyak 0,14 mg dan folat (Vitamin B9) sebanyak 19 µg.

Selain itu, wortel juga memiliki kandungan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti Cholin sebanyak 8,8 mg, Kalsium sebanyak 33 mg, Zat Besi sebanyak 0,3mg, Magnesium sebanyak 12 mg, Fosfor sebanyak 35 mg, Potassium sebanyak 320 mg, Sodium sebanyak 69 mg, Zinc sebanyak 0,24 mg, Tembaga sebanyak 0,05 mg, Manganese sebanyak 0,14 mg dan Selenium sebanyak 0,1 µg.

Nutrisi/Gizi Kandungan AKG%
Vitamin A 835µg 93%
Vitamin C 5,9mg 7%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,66mg 4%
Vitamin K 13,2µg 11%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,06mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,98mg 6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,27mg 5%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,14mg 11%
Vitamin B9 (Folat) 19µg 5%
Vitamin B12 0µg
Kalori 41kal
Karbohidrat 9,6g
Air 88%
Protein 0,9g
Gula 4,7g
Serat 2,8g
Lemak 0,2g
Cholin 8,8mg 2%
Kalsium 33mg 3%
Zat Besi 0,3mg 4%
Magnesium 12mg 3%
Fosfor 35mg 5%
Potassium (Kalium) 320mg 7%
Sodium 69mg 5%
Seng (Zinc) 0,24mg 2%
Tembaga (Copper) 0,05mg 5%
Manganese 0,14mg 6%
Selenium 0,1µg 0%

Sumber: USDA

Nilai gizi per 100 g.
Total nilai ORAC-666 umol TE/100 g.
Energi 41 Kcal 2%
Karbohidrat 9,58 g 7%
Protein 0.93 g 1.5%
Total Lemak 0.24 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 2,8 g 7%
Vitamin
Folat 19 mg 5%
Niacin 0.983 mg 6%
Asam pantotenat 0,273 mg 5,5%
Pyridoxine 0.138 mg 10%
Riboflavin 0.058 mg 4%
Thiamin 0,066 mg 6%
Vitamin A 16.706 IU 557%
Vitamin C 5,9 mg 10%
Vitamin K 13.2 mg 11%
Elektrolit
Sodium 69 mg 4,5%
Kalium 320 mg 6,5%
Mineral
Kalsium 33 mg 3%
Tembaga 0,045 mg 5%
Besi 0,30 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0,143 mg 6%
Fosfor 35 mg 5%
Selenium 0,1 mg <1%
Seng 0,24 mg 2%
Phyto-nutrisi
Karoten-α 3427 ug
Karoten-ß 8285 ug
Crypto-xanthin-ß 0 mg

Dilihat dari kandungannya tersebut, maka sudah tidak perlu diragukan lagi manfaat wortel ini untuk kesehatan tubuh kita. Lalu, apa saja manfaatnya? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Berikut ini beberapa manfaat wortel untuk kesehatan yang penting untuk anda ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu indera yang memiliki fungsi dangat penting bagi kehidupan kita, karena jika fungsi dan kesehatan mata kita terganggu tentu akan dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi ikut terganggu. Maka dari itu, pentung sekali untuk selalu menjaga kesehatan mata kita agar dapat berfugsi dengan baik dan optimal.

Salah satu cara menjaga kesehatan mata yaitu dengan rutin mengkonsumsi wortel, karena di dalam wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi dan dibutuhkan untuk menutrisi mata kita. Sudah bukan rahasia umum lagi jika manfaat wortel ini sangat baik untuk mata, karena selain dapat menjaga kesehatan mata juga dapat membantu mengatasi mata rabun, mencegah katarak, glukoma dan astigmatisma.

  1. Mencegah Kanker

Selain baik untuk menjaga kesehatan mata, ternyata mengkonsumsi wortel atau minum jus wortel secara ruti setiap hari dapat membantu mencegah tubuh terkena kanker. Sebab, di dalam wortel mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi dan berfungsi untuk mencegah serta melawan seranga radikal bebas berbahaya penyebab kanker.

Bahkan, dari hasil studi yang dilakukan para ahli mengungkapkan bahwa dengan rutin minum jus wortel 2 kali sehari mampu mengurangi perkembagan kanker payudara sekitar 17-18 persen. Karena, selain mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi juga mengandung hidrat arang dan fosfor. Dengan demikian, resiko kanker payudara akan berkurang dan bahkan mengugurkannya. Untuk mendapatkan khasiat optimal dari jus wortel, anda bisa menambahkan madu secukupnya.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat mengkonsumsi atau minum jus wortel secara rutin dan teratur dipercaya mampu menurunkan resiko seseorang dari serangan penyakit jantung. Tidak hanya itu, bagi anda yang sudah terdeteksi menderita penyakit jantung pun secara bertahap kondisi kesehatan jantung anda akan semakin membaik. Hal ini dikarenakan, di dalam wortel mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat memperbaiki serta melancarkan peredaran darah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa, peredaran darah yang tidak lancar sering menjadi penyebab utama dari penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam wortel sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat membuat tubuh tidak mudah sakit dan terhindar dari serangan penyakit yang disebabkan oleh faktor perubahan cuaca. Selain itu, vitamin C juga dapat berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu mencegah dan melawan serangan radikal bebas atau paparan zat polutan berbahaya.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan sangat membutuhkan asupan nutrisi penting dalam jumlah cukup setiap harinya, sehingga ibu hamil sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi secara rutin setiap hari. Salah satu makanan sehat yang baik untuk ibu hamil dan janin yaitu wortel, karena di dalam wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan dan juga memperkuat rahim. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi jus wortel setiap hari dapat mencegah ibu hamil dan janin terserang berbagai jenis penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Pencernaan merupakan bagian dalam tubuh yang dianggap memiliki fungsi yang sangat penting dan vital, karena jika kesehatan pencernaan sedang terganggu secara otomatis akan berdampak burung bagi kesehatan organ tubuh lainnya jika tidak segera diatasi dengan baik sampai tuntas. Untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan terhindar dari penyakit, maka disaranka untuk rutin mengkonsumsi wortel setiap hari atau dalam seminggu sebanyak 4-6 buah.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Meskipun wortel mempunyai rasa manis, namun rasa manis yang dihasilkannya berasal dari gula alami yang tidak berpotensi menyebabkan peningkata terhadap kadar gula darah asalkan dikonsumsi tanpa menambahkan pemanis lagi. Selain itu, di dalam wortel juga mengandung vitamin K yang terbukti efektif untuk mengendalika kadar gula dalam darah. Dengan demikian, mengkonsumsi wortel secara rutin dapat menjaga tubuh anda agar terhindar dari resiko penyakit diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Di dalam wortel juga mengandung vitamin K, kalsium dan fosfor yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Maka dari itu, wortel ini tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh orang tua dan dewasa saja, tetapi juga sangat baik untuk anak sejak usia dini untuk membantu mempercepat pertumbuhan tulangnya.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi (hipertensi), maka sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi wortel secara rutin setiap hari. Karena, di dalam wortel mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan zat alami lainnya yang terbukti efektif untuk membantu menurunkan darah tinggi.

  1. Mencegah Asma Kambuh

Bagi anda atau anak anda yang memiliki riwayat penyakit asma, maka untuk mencegah penyakit asma yang diderita disarankan untuk rutin minum jus wortel secara rutin minimal 3 kali seminggu. Kandungan vitamin C dan betakaroten yang terkandung di dalam wortel sangat baik untuk mencegah asma kembali kambuh.

Itulan 10 manfaat wortel untuk kesehatan yang penting untuk anda ketahui, semoga ulasan kesehatan yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Selamat mencoba dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat wortel bagi tubuh dan jumlah kalori y
50 Manfaat dan Kandungan Wortel Bagi Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: