12 Jenis-Jenis Minyak Esensial dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Minyak Esensial

Minyak Esensial

Minyak Esensial merupakan salah satu jenis minyak yang dikenal dengan sebutan minyak atsiri. Banyak sekali manfaat minyak esensial sendiri sangat banyak sekali, salah satunya banyak orang yang biasa menggunakan minyak chamomile untuk diteteskan ke dalam bak mandi air panas yang dipercaya efektif untuk menghilangkan pegal-pegal dan stres. Meski terdapat ribuan jenis minyak esensial yang biasa digunakan sebagai aromaterapi, ada beberapa jenis minyak esensial yang sudah sangat terkenal.

Penggunaan minyak esensial sendiri dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan, tergantung dari nilai farmakologi dan juga utilitas pada minyak tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya bisa anda simak beberapa jenis minyak esensial dan manfaatnya dibawah berikut ini.

Jenis Minyak Esensial Dan Manfaatnya

Berikut ini berbagai jenis minyak esensial yang sudah sangat populer dan memiliki banyak sekali manfaatnya untuk manusia, diantaranya yaitu :

  1. Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus merupakan salah satu jenis minyak esensial yang lebih dikenal dengan sebutan minyak kayu putih (eucalyptus oil), minyak ini sering dijadikan untuk membantu meringankan gejala flu, batuk, demam dan juga perut kembung. Selain itu, minyak kayu putih ini sangat bermanfaat untuk menghangatkan badan, mengurangi rasa sakit, mengobati gatal-gatal akibat digigit serangga, mengurangi efek pembengkakan dan juga dapat berfungsi sebagai antiseptik yang terbukti ampuh dalam mengobati luka dengan cepat.

  1. Minyak Chamomile

Minyak chamomile sering digunakan sebagai minyak gosok atau minyak pijat, untuk mandi dan juga dapat dikonsumsi dengan di campur ke dalam teh hangat. Minyak chamomile sudah sangat terkenal dalam dunia terapi, karena sifatnya yang sangat mudah larut, sehingga dapat dilarutkan ke dalam air teh hangat untuk mengobati ganguan pada pencernaan.

Selain itu, minyak chamomile juga sering dijadikan sebagai minyak oijat yang dapat membantu mengurangi stres, depresi dan juga rasa cemas berlebih. Aroma yang dihasilkan dari minyak ini mampu menenangkan pikiran dan juga tubuh. Bahkan minyak ini bersifat sebagai pembersih, sehingga dapat membantu dalam mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti jerawat, dermatitis dan juga eksim.

  1. Minyak Lemon

Buah lemon sangat terkenal akan sifat dan rasa asamnya, sehingga sering digunakan sebagai pembersih yang sangat baik. Aroma pada buah lemon dapat memberikan kesegaran, sehingga aromanya mampu memberikan kesegaran udara di dalam ruangan. Selain itu, minyak lemon juga dapat membantu meringankan gangguan pada pencernaan, dijadikan sebagai pembersih kulit wajah berminyak dan mencegah serta menghilangkan jerawat dengan cepat.

  1. Minyak Lavender

Jenis minyak esensial lainnya yang sangat populer yaitu minyak lavender, minyak ini sering dimanfaatkan sebagai penghilang stres dan menenangkan pikiran. Cara menggunakannya yaitu, anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavencer ke dalam bak mandi air panas dan gunakan air hangat tersebut untuk mandi. Minyak lavenderi ini dihasilkan dari ekstrak bunga lavender, karena memiliki sifat terapi sehingga minyak ini sering dijadikan untuk mengobati gangguan mental dengan cara dilakukan tehnik pemijatan dan mandi air panas yang sudah diberi campuran minyak lavender.

  1. Minyak Cendana

Minyak cendana merupakan jenis minyak esensial yang sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu bahan untuk melakukan perawatan kecantikan kulit dan juga wajah. Selain itu, minyak cendana juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi jenis penyakit tertentu seperti penyakit saluran kemih dan juga gangguan pada pernapasan. Cara menggunakannya, anda bisa mencampurkannya dengan air hangat yang akan digunakan untuk mandi, cara ini dapat membuat tubuh merasa lebih rileks dan sehat.

  1. Minyak Melati

Minyak melati adalah jenis minya esensial yang sangat populer, karena pada minyak ini memiliki aroma yang sangat wangi dan memiliki sifat kuratif. Minyak melati ini sering digunakan untuk mandi dan mengurangi tingkat stres serta depresi. Selain itu, minyak melati juga ampuh untuk mengatasi kecanduan terhadap penggunaan obat-obatan terlarang, minuman beralkohol dan juga sangat baik untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok.

  1. Minyak Rosemary

Minyak Rosemary memiliki kemampuan untuk menstimulasi pikiran agar memiliki daya ingat yang semakin baik, sehingga dapat dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk penderita depresi dan kecemasan berlebih. Minyak rosemary juga dapat digunakan untuk meringankan rasa nyeri, kram dan juga sakit kepala terutama migrain. Sedangkan sifat antiseptiknya, minyak ini dapat digunakan dalam perawatan kulit, mengatasi berbagai gangguan pada sistem pencernaan dan mengobati liver.

Minyak rosemary juga sering dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan shampo dan minyak rambut untuk membantu menyegarkan kulit kepala, mempercepat proses pertumbuhan rambut dan juga pembuatan lotion untuk merawat kulit.

  1. Minyak Marjoram

Jenis minyak esensial yang satu ini cukup ampuh untuk mengobati ADHD yang sering menyerang pada tubuh anak-anak, cara menggunakannya yaitu dengan menambahkan minyak Marjoram ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi. Selain itu, minyak marjoram ini pun dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengurangi kelelahan, insomnia dan juga gangguan pada pernapasan.

  1. Minyak Mawar

Minyak mawar merupakan jenis minyak esensial yang sangat populer akan aromanya yang sangat feminim, minyak ini sering digunakan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kulit seperti menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, mencegah penuaan dan mengatasi berbagai masalah kulit lainnya. Berdasarkan kandungannya, minyak ini sering digunakan untuk mengobati gangguan mental, sirkulasi, penyakit jantung, gangguan pernapasan dan juga gangguan pada pencernaan.

  1. Minyak Pappermint

Minyak papermint memang jenis minyak esensial yang sangat umum digunakan sebagai bahan tambahan dalam permen penyegar mulut atau minyak urut. Minyak pappermint sendri memilki sifat mendinginkan, sehingga dapat membantu melegakan saluran pernapasan dan juga membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, minyak pappermint juga sangat ampuh untuk membantu menghilangkan bau mulut, menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  1. Minyak Clary Sage

Jenis minyak esensial berikutnya yang sudah sangat populer yaitu bernama minyak clary sage, kandungan yang terdapat pada minyak ini mampu memberikan efek tenang, membantu menghilangkan stes dan depresi. Selain itu, minyak Clary Sage juga dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi rambut rontok dan mengobati berbagai jenis penyakit kulit.

  1. Minyak Ylang Ylang

Minyak ylang ylang ini memiliki aroma yang sangat kuat dan khas, sehingga sering digunakan untuk afrodisiak dan juga redukator stres. Penggunaan minyak ini sering digunakan pada obat untuk meredakan rasa sakit kepala dan migrain. Selain itu, minyak esensial yang satu ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut, menghilangkan rasa mual, mengobati gangguan pencernaan dan juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah, itulah beberapa jenis minyak esensial yang paling populer dan bisa kita temukan dalam berbagai jenis obat atau produk perawatan kulit. Semoga penjelasan kami diatas dapat memberikan banyak manfaat dan menambah pengetahuan anda semua terkait dengan minyak esensial.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • minyak esensial
  • Minyak essensial
  • APA ITU minyak esensial
  • Apa saja minyak etensial
  • jenis-jenis minyak
  • minya essensial
12 Jenis-Jenis Minyak Esensial dan Manfaatnya Untuk Kesehatan | Khumaira | 4.5
error: