7 Obat Asam Urat dan Rematik Alami Paling Ampuh

Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat

Obat Asam Urat dan Rematik Alami – Sebagian kalangan masyarakat banyak yang mengklaim jika penyakit rematik dan asam urat merupakan jenis penyakit yang sama. Namun pada kenyataannya, dalam medis kedua jenis penyakit ini jelas berbeda. Penyakit rematik adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya kelainan pada autoimun yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang, sehingga menyebabkan sendi yang terserang dapat mengakibatkan terjadinya peradangan dengan berbagai gejala seperti :

  • Terjadi pembengkakan pada sendi akibat cairan yang menumpuk.
  • Terasa kaku apalagi pada saat bagun tidur di pagi hari.
  • Mengalami kemerahan dan terasa panas di persendian.
  • Terasa nyeri diseluruh area persendian tubuh.

Untuk membedakan antara penyakit rematik dengan asam urat mungkin pada awalnya akan sulit untuk membedakannya, mana gejala penyakit rematik dan mana gejala penyakit asam urat secara jelas. Tetapi gejala yang paling jelas yaitu pada penderita asam urat akan menderita rasa nyeri pada bagian sendi tertentu saja, sedangkan penyakit rematik akan menyerang seluruh bagian persendian pada tubuh secara bersamaan.

Sedangkan jika dilihat dari faktor penyebabnya, penyakit asam urat disebabkan oleh karena terjadinya peningkatan kadar asam urat berlebih akibat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin dalam jumlah berlebih. Sedangkan penyebab dari penyakit rematik hingga saat ini masih belum dapat diketahui secara pasti. Namun yang jelas, penyakit rematik ini dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh justru akan berbalik menyerang sel-sel dalam tubuh yang sehat sehingga menyebabkan terjadi peradangan pada sendi.

Lantas, apakah penyakit asam urat dan rematik bisa di obati? Apa saja obatnya?

Obat Asam Urat dan Rematik Alami (Tradisional)

Banyak obat-obatan yang dapat dikonsumsi untuk mengobati penyakit asam urat dan juga rematik, anda bisa membelinya di apotik atau langsung minta resep obat sesuai yang disarankan dokter. Namun dari banyak pengakuan dari masyarakat jika ternyata obat-obatan kimia hanya bersifat sementara, setelah berhenti mengkonsumsi obatnya penyakit asam urat dan rematik kembali kambuh.

Berikut ini beberapa jenis obat asam urat dan rematik alami yang terbukti ampuh, diantaranya yaitu :

  1. Jahe

Jahe adalah salah satu rimpang yang sangat berkhasiat untuk mengobai berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit asam urat dan rematik. Cara mengobati asam urat dan rematik dengan jahe cukup mudah, yaitu :

  • Siapkan jahe segar secukupnya, lalu kupas kulitnya dan cuci sampai bersih.
  • Setelah itu, parut janhe tersebut dan tambahkan sedikit minyak tanah.
  • Peras dan tuangkan ke dalam wadah, lalu tutup dan diamkan selama semalaman.
  • Pada keesokan paginya, basuh terlebih dahulu bagian tubuh yang terkena penyakit asam urat atau rematik dengan air hangat, lalu keringkan.
  • Setelah itu, balurkan ramuan jahe yang telah anda buat secara merata pada bagian sendi yang sakit. Biarkan sampai mengering minimal 30 menit, lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur.
  1. Bawang Putih

Selain jahe, bawang putih juga sudah sejak dulu terkenal sebagai bahan alami yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit termasuk asam urat dan rematik.

Caranya yaitu :

  • Siapkan beberapa siung bawah putih, lalu haluskan dengan cara ditumbuk hingga halus.
  • Setelah itu, oleskan bawang putih tersebut pada bagian sendi yang sakit.
  • Biarkan sampai kering, kurang lebih selama 30 menit, lalu bersihkan dengan cara di lap menggunakan lap yang dibasahi dengan air hangat.
  • Lakukan pengobatan alami ini secara rutin 2-3 kali sehari.

Selain cara diatas, untuk mendapatkan khaisat secara optimal yaitu dengan makan 1 siung bawang putih 2 kali sehari. Hal ini dikarenalan, di dalam bawang putih mengandung zat yang berfungsi untuk menurunkan kadar purin dan juga zat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi akibat penyakit asam urat ataupun rematik.

  1. Kunyit

Bahan aktif yang terkandung di dalam kunyit sangat berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri akibat penyakit asam urat dan rematik.

Caranya yaitu :

  • Siapka kunyit secukupnya, lalu kupas kulitnya dan bersihkan.
  • Haluskan kunyit dengan cara ditumbuk atau diblender hingga halus, lalu jemur hingga kering dibawah panas matahari.
  • Setelah kering, ambil bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh, lalu campurkan dengan air teh hangat. Aduk hingga larut dan tercampur merata.
  • Minum ramuan teh kunyit tersebut sampai habis, lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.
  1. Kayu manis

Banyak orang yang hanya tahu jika kayu manis ini hanya dimanfaatkan untuk memasak saja, tetapi sebenarnya kayu manis juga memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit asam urat dan rematik. Dengan rutin minum air rebusan kayu manis ini dipercaya dapat mengurangi gejala rasa sakit akibat asam urat dan rematik apabila diminum dengan dosis yang sesuai, namun perlu hati-hati juga karena jika diminum dalam dosis berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti penggumpalan darah dan terjadinya gangguan terhadap kerja pengenceran darah.

  1. Lada hitam

Lada hitam memang sudah sejak dulu digunakan untuk mengobati penyakit rematik, bahkan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Arthritis Foundation mengungkapkan bahwa di dalam lada hitam mengandung capcaisin yang sangat berkhasiat untuk mengatasi peradangan, sehingga sangat efektif untuk meredakan peradangan yang terjadi pada penderita rematik dan asam urat,

Untuk mengobati penyakit rematik dan asam urat dengan lada hitam ini cukup mudah. Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi lada hitam sebanyak 1 gram per hari, hindari konsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare, iritasi mata hingga pembengkakan.

  1. Brotowali

Meskipun memiliki rasa yang sangat pahit, brotowali ini ternyata mengandung banyak sekali zat penting yang sangat berkhasiat untuk mengatasi peradangan pada tulang dan persendian. Selain itu, brotowali juga mengandung antiporotik yang sangat berkhasiat untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Cara mengobati asam urat dan rematik dengan brotowali cukup mudah, anda hanya perlu merebus brotowali yang sudah dibersihkan sebanyak 2 ruas saja dengan 2 gelas air hingga mendidih, biarkan air rebusannya sampai tersisa satu gelas saja. Angkat dan tuangkan ke dalam gelas, minum ramuan tersebut sampai habis selagi masih hangat. Untuk mendapatkan khasiat secara optimal, minum ramuan obat brotowali ini secara rutin 2 kali sehari.

  1. Daun sirsak

Obat asam urat dan rematik terakhir yang paling ampuh yaitu daun sirsak. Khasiat daun sirsak memang sudah sejak dulu dikenal sebagai obat herbal yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk asam urat dan rematik.

Baca Juga :

Caranya yaitu, rebus segenggam daun sirsak dengan 3 gelas air sampai mendidih dan air rebusannya hanya tersisa 2 gelas saja. Saring airnya dan tuangkan ke dalam gelas. Untuk mendapatkan manfaat secara optimal, anda bisa menambahkan madu sebanyak 2-3 sendok makan. Aturan minumnya, cukup minum 2 kali sehari sabanyak 1 gelas sekali minum.

Itulah informasi yang dapat kami sajikan kepada anda mengenai obat asam urat dan rematik alami, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Selamat mencoba dan semoge lekas sembuh!

Loading...
7 Obat Asam Urat dan Rematik Alami Paling Ampuh | Khumaira | 4.5
error: