6 Pantangan Penyakit Asam Urat Yang Sering Anda Remehkan

Pantangan Penyakit Asam Urat

Pantangan Penyakit Asam Urat

Sehat-natural.com – Penyakit asam urat atau dikenal dengan sebutan Gout ini adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan munculnya gejala seperti rasa sakit/nyeri yang amat menyiksa, terjadi pembengkakan, dan muncul rasa panas pada persendian. Meskipun penyakit asam urat ini tidak akan menyerang semua arena sendi pada tubuh, namun bagian sendi yang paling sering terkena penyakit asam urat atau gout ini yaitu sendi jari-jari, lutut dan juga pergelangan kaki. Namun banyak orang awam yang masih banyak menyebut penyakit ini dengan sebutan encok.

Penyakit asam urat sendiri lebih rentang menyerang kaum pria dibandingkan dengan perempuan, terlebih lagi bagi mereka yang sudah berusia diatas 30 tahum. Sedangkan pada perempuan, penyakit ini lebih sering di alami setelah mengalami meopause.

Bagi orang yang menderita penyakit asam urat ini, biasanya mereka akan merasakan terjadinya perkembangan gejala yang ditimbulkannya dengan cepat hanya dalam waktu beberapa jam saja. Rasa sakit yang di derita oleh pasien penyakit asam urat bisa berlangsung selama 3-10 hari. Gejala pembengkakan dapat terjadi tidak hanya pada bagian sendi, tetapi juga bisa terjadi di daerah yang ada disekitar sendi dan sering kali disertai dengan perubahan warna kulit yang memerah. Pada tahap kondisi ini, maka penderita akan mengalami gangguan pada pergerakannya dan tidak akan mampu bergerak bebas.

Di Indonesia, banyak masyarakat yang masih keliru dan salah kaprah dalam membedakan antara penyakit asam urat dengan penyakit rematik. Padahal kedua penyakit ini jelas berbeda, karena rematik adalah suatu istilah yang umum dipakai sebagai gambaran dari rasa sakit yang di derita pada persendian atau di bagian otot yang mengalami peradangan. Sedangkan penyakit asam urat atau gout hanyalah salah satu dari penyebab munculnya rasa nyeri pada area persendian. Dengan mengenali gejala dan tanda pada penyakit asam urat ini, maka dapat membantu pasien penderita penyakit asam urat untuk dapat membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh gejala dari penyakit lain.

Banyak pula orang yang mengira jika kadar asam urat dalam dalam mengalami peningkatan yang signifikan, maka dapat beresiko terkena penyakit gout. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar, karena penderita hiperurisemia yang menderita penyakit gout hanya sekitar 1/3.

Pantangan Penderita Penyakit Asam Urat

Gejala rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi pada penderita penyakit asam urat dapat disebabkan oleh karena adanya tusukan kristal-kristal yang tajam yang menumpuk pada sendi, kristal tersebut terbentuk dari tumpukan-tumpukan zat asam urat. bagi seseorang yang suka mengkonsumsi makanan pemicu peningkatan kadar asam urat, misalnya seperti jeroan, daging merah dan hidangan laut. Selain itu, peningkatan kadar asam urat bisa juga disebabkan oleh karena sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan penyakit ini juga sangat rawan di alami oleh mereka yang menderita penyakit hipertensi, diabetes, ginjal dan mereka yang memiliki berat badan berlebih (osbesitas).

Berdasarkan dari hasil penelitian, jika ada orang yang memiliki riwayat keluarga penderita penyakit gout, maka dirinya beresiko menderita penyakit yang sama karena penyakit ini sifatnya genetik. Di samping itu, makanan juga sangat berpengaruh besar terhadap resiko penyakit ini. Mengkonsumsi aneka jenis makanan yang mengandung zat purin dapat meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat dalam darah, sehingga jika ingin terhindar dari resiko terkena penyakit asam urat sebaiknya hindari aneka jenis makanan yang mengandung zat purin tersebut.

Baca Juga : 

Lalu, makanan apa sajakah yang dilarang atau dipantang untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asa urat?

Berikut ini beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat, diantaranya yaitu

  • Daging-dagingan

Daging-dagingan memiliki kadar zat purin dalam jumlah yang tergolong sedang. Sebaiknya anda membatasi konsumsi makanan yang berasal dari daging-dagingan seperti daging sapi, daging unggas dan daging kambing. Jika anda tetap ingin makan daging-dagingan, sebaiknya semuanya dikonsumsi tanpa lemak paling banyak yaitu 170 gram perharinya.

  • Jeroan

Untuk jenis makanan yang satu ini tidak ada toleransi, sebaiknya anda mengjauhi makan ini, karena di dalamnya mengandung zat purin yang sangat tinggi dan berbahaya jika dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit asam urat. Semua jenis jeroan tidak boleh dikonsumsi mulai dari hati, usus, jantung dan aneka makanan jeroan lainnya.

  • Aneka Makanan Laut

Apakah anda penyuka makanan laut atau seafood? Jika anda biasanya rutin mengkonsumsi makanan yang berasal dari laut seperti ikan asin, kerang, ikan teri, makarel (ikan kembung), sarden, tiram, lobster, udang atau kepiting. Sebab, di dalam makanan laut mengadung kadar purin yang sangat tinggi. Setelah mengetahui bahayanya, maka bagi anda yang menderita penyakit asam urat dilarang keras untuk mengkonsumsi aneka makanan yang berasal dari laut ini.

  • Sayuran

Tidak semua jenis sayuran bahaya dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat, karena tidak semua sayuran mengandung zat purin. Beberapa jenis sayuran yang mengandung zat purin tinggi yaitu seperti bayam, kembang kol, kacang polong, asparagus dan jamur. Bedasarkan dari hasil penelitian menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung purin dapat menyebabkan meningkatnya kadar asam urat dengan cepat. Itu artinya, bagi anda yang menderita penyakit asam urat dilarang mengkonsumsi beberapa jenis sayuran tersebut.

  • Minum Bir

Bir adalalah jenis minuman yang mengandung purin sangat tinggi dan dapat meningkatka kadar asam urat berlebih dalam darah. Selain itu, minum bir juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, dimana dapat memicu kambuhnya rasa nyeri pada sendi penderita asam urat.

  • Gula

Meskipun kadar zat purin yang terkandung di dalam gula termasuk rendah, gula tetap menjadi makanan pantangan bagi penderitan penyakit asam urat. konsumsi gula berlebih dapat memicu peningkatan kadar gula darah sehingga menyebabkan penyakit diabetes dan obesitas, sehingga kondisi tersebut dapat memperburuk kondisi dari gejala asam urat yang diderita.

Selain itu, penderita asam urat juga sangat idak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung fruktosa, karena kandungan tersebut berpotensi menyebabkan kenaikan kadar asam urat pada tubuh anda. Jika memang anda ingin mengkonsumsi makanan manis, sebaiknya gantilah makanan manis anda dengan mengkonsumsi buah-buahan segar.

Dengan anda menjauhi aneka jenis makanan pantangan penyakit asam urat dapat membantu tubuh dalam menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh anda. Penyakit asam urat memang tidak bisa disembuhkan hanya dengan menghindar makanan pantangan tersebut, tetapi juga harus tetap diimbangi dengan menjalani gaya hidup sehat dan pola makan sehat setiap hari.

Selain makanan, hal lain yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit asam urat yaitu seperti menjalani olahraga terlalu berat, mandi di malam hari dan merokok.

Demikianlah sedikit ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai larangan dan pantangan penyakit asam urat, semoga apa yang kami bahas diatas bisa memberikan banyak manfaat bagi anda para pembaca semua.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

Loading...
6 Pantangan Penyakit Asam Urat Yang Sering Anda Remehkan | Khumaira | 4.5
error: